Polda Jamin Asap Karhutla di Babel Tak Ganggu Asian Games di Palembang

Jum'at, 10 Agustus 2018 - 16:32 WIB
Polda Jamin Asap Karhutla di Babel Tak Ganggu Asian Games di Palembang
Polda Jamin Asap Karhutla di Babel Tak Ganggu Asian Games di Palembang
A A A
PANGKALPINANG - Mengantisipasi kebakaran hutan (karlahut) jelang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Polda Babel memastikan bahwa kebakaran lahan hutan kosong di wilayah Bangka Barat tidak mengganggu perhelatan even dunia tersebut.

"Dari awal kita sudah mengimbau memerintahkan kepada jajaran untuk membuat Satgas pemantau bahaya pembakaran lahan hutan di Bangka Belitung," ujar Kapolda Babel Brigjen Pol Syaiful Zachri di Pangkalpinang, Jumat (9/8/2018).

Menurutnya, dampak asap kebakaran di Bangka Barat ini tidak mengganggu perhelatan Asian Games di Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 nanti. Kalau pun terjadi asapnya itu akan mengarah ke Singapura.

"Kita bekerjasama dengan Forkompinda Babel dan instansi terkait apabila ada terjadi kebakaran, langkah awal adalah imbauan kepada masyarakat dan perusahaan untuk tidak melakukan pembakaran hutan secara ilegal," jelas Kapolda.

Kata Syaiful, pihaknya akan melakukan Patroli secara rutin dengan cara memonitor situasi di sekitar kawasan hutan di Babel. Jika terjadi kebakaran, tentu petugas sudah memiliki langkah dalam mengantisipasinya.

"Kemudian kita juga melakukan patroli gabungan memonitor situasi apabila terjadi kebakaran, tim patroli segera memadamkan api tersebut," tuturnya.

Namun di sisi lain, Syaiful menegaskan jika terjadi kebakaran hutan dan ditemukan ada unsur kesengajaan, kelalaian, atau pembiaraan yang melanggar ketentuan hukum tentunya itu akan diproses.

"Tindakan tegas kita terhadap pelaku yang sengaja ada Undang-undang unsur pidananya. Karlahut ini segera kita antisipasi agar tidak terjadi dan mengganggu even internasional Asian Games mendatang," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3935 seconds (0.1#10.140)