Harga Daging Ayam Diprediksi Normal Agustus-September

Rabu, 25 Juli 2018 - 15:05 WIB
Harga Daging Ayam Diprediksi Normal Agustus-September
Harga Daging Ayam Diprediksi Normal Agustus-September
A A A
SIMALUNGUN - Harga daging ayam diprediksi normal dalam kurun waktu satu bulan atau antara pertengahan Agustus hingga awal September 2018 mendatang.

Sejumlah peternak ayam yang ditemui di Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun mengatakan, saat ini para peternak sudah mulai melakukan pembesaran bibit ayam potong maupun ayam kampung.

Menurut Richa Pardede, peternak ayam yang dihubungi, Rabu (25/7/2018) tingginya harga ayam sampai saat ini kemungkinan disebabkan kosongnya persediaan ayam di kandang peternak karena dijual sekaligus untuk memenuhi kebutuhan puasa dan lebaran kemarin.

“Tingginya harga ayam potong kemungkinan karena persediaan ayam di kandang peternak sudah habis karena dijual untuk kebutuhan puasa dan lebaran kemarin. Namun sebagian besar peternak ayam di Simalungun sudah kembali mulai membesarkan bibit. Sehingga kemungkinan dalam kurun waktu sebulan nanti harganya sudah kembali normal,” sebut Richa.

Richa mengaku tidak mengetahui pasti penyebab tingginya harga ayam. Sebab, sudah sebulan belakangan ini kandangnya kosong, sehingga tidak mengetahui harga penjualan di tingkat peternak.

Harga ayam potong mencapai Rp38 ribu hingga Rp39 ribu per kilogram. Ayam kampung Rp50 ribu hingga Rp55 ribu. Kondisi ini pun menyebabkan banyak pemilik atau pengusaha rumah makan mengeluh karena keuntungan yang diperoleh berkurang.

Salah seorang pengusaha rumah makan yang ditemui di Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Lina Sinaga, mengatakan tidak menaikkan harga penjualan ayam goreng dan ayam gulai, sehingga berdampak pada berkurangnya keuntungan.

“Tidak mungkin dinaikkan harga penjualan, nanti pelanggan protes, sehingga harga penjualan tetap. Namun dampaknya keuntungan yang diperoleh berkurang drastis selama dua pekan ini,” ujar Lina.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6637 seconds (0.1#10.140)