Buntut Kerusakan di Kantor Panwaslih Taput, 14 Pendemo Jadi Tersangka

Jum'at, 20 Juli 2018 - 18:45 WIB
Buntut Kerusakan di...
Buntut Kerusakan di Kantor Panwaslih Taput, 14 Pendemo Jadi Tersangka
A A A
TAPANULI UTARA - Kerusuhan yang mengakibatkan kerusakan Kantor Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) di Hutagalung, Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara membuat 14 pendemo yang diamankan dijadikan tersangka.

Kasubbag Humas Polres Taput, Aipda W Barimbing mengatakan sebanyak 14 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka dari 17 orang yang diperiksa dalam kasus pengerusakan Kantor Panwaslih Taput.

"Sebanyak 14 orang ditetapkan sebagai tersangka dan penanganan sudah diserahkan kepada Polda Sumut. Yang tiga lagi kita lepaskan, karena tidak cukup bukti keterlibatan mereka. Makanya setelah menjalani pemeriksaan kita pulangkan yang tiga orang," ujar W Barimbing, Jumat (20/7/2018).

Dia menambahkan ke-14 orang ditahan karena dugaan keterlibatan bersama-sama melakukan pengerusakan di Kantor Panwaslih di Taput. Baringbing juga membantah warga yang ditetapkan sebagai tersangka bagian dari pendukung pasangan calon Bupati di Tapanuli Utara.

"Bukan, mereka mengatasnamakan masyarakat peduli keadilan. Jadi mereka tidak ada menggiring masalah Paslon-paslon Bupati," ungkapnya. Saat ini, ke-14 tersangka sudah diboyong ke Mapolda Sumut untuk proses lebih lanjut.

Seperti diketahui, aksi demo massa berbuntut kerusuhan di depan Kantor Panwaslih Taput di Hutagalung, Tarutung, pada Senin (16/7/2018) lalu. Ratusan massa pengunjuk rasa melakukan aksinya dengan membawa peti mati dan membakar ban di tengah jalan. Mereka memprotes penanganan Panwaslih terhadap dugaan kecurangan pada pelaksanaan Pilkada Taput.

Bahkan, para pendemo sempat memblokir Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera) Sipoholon, Tarutung. Mereka juga melempari Kantor Panwaslih Taput dengan batu dan bom molotov. Akibatnya Kantor Panwaslih itu rusak. Kaca jendelanya berpecahan dan dinding bagian atasnya jebol-jebol. Bahkan satu personel kepolisian terluka di bagian kepala akibat lemparan batu.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8233 seconds (0.1#10.140)