JTP Hutabarat-Denny Lumbantoruan Daftar ke KPU Taput, Usung Pembangunan Desa sebagai Prioritas

Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:55 WIB
loading...
JTP Hutabarat-Denny...
Pasangan Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat dan Denny Lumbantoruan resmi mendaftar sebagai bakal Calon Bupati Tapanuli Utara (Taput) dan Calon Wakil Bupati ke KPU Taput, Rabu (28/8/2024). Foto/Fernando HS
A A A
TAPANULI UTARA - Pasangan Jonius Taripar Parsaoran (JTP) Hutabarat dan Denny Lumbantoruan secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara (Taput) di Kantor KPU Taput pada Rabu (28/8/2024). Kehadiran pasangan ini diusung oleh koalisi besar yang dipimpin Partai Perindo bersama enam partai politik lainnya, yaitu Partai Golkar, Hanura, Demokrat, Gerindra, PSI, dan Partai Nasdem.

JTP, yang akrab disapa dengan nama panggilan tersebut, adalah sosok mantan perwira tinggi Kepolisian berpangkat AKBP (Purn) yang kini memimpin DPW Partai Perindo Sumatera Utara. Dalam kesempatan tersebut, JTP menegaskan komitmennya untuk menjadikan pembangunan desa sebagai prioritas utama jika terpilih sebagai Bupati Taput. Menurutnya, pembangunan nasional harus dimulai dari desa, dengan tahapan penyaluran Dana Desa (DD) yang sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

"Sesuai dengan PMK, tahapan penyaluran DD harus disesuaikan agar program pembangunan desa bisa direalisasikan tepat waktu dan tidak tergesa-gesa," ujar JTP saat memberikan pernyataan usai mendaftarkan diri.

JTP juga menyoroti permasalahan penyaluran DD yang selama ini kerap tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dalam PMK, dimana tahap I biasanya baru disalurkan pada bulan November, disusul tahap II dan III pada bulan Oktober-November, bahkan ada yang baru disalurkan pada bulan Desember. Akibatnya, banyak program pembangunan fisik di desa menjadi terganggu, terutama karena kendala musim penghujan di akhir tahun.

"Dengan penyaluran yang tidak tepat waktu, kualitas pembangunan fisik menjadi tidak maksimal, dan sering kali tidak memenuhi standar konstruksi yang baik," ungkap JTP.

Lebih lanjut, JTP menekankan bahwa kewenangan penuh untuk penggunaan DD dan Alokasi Dana Desa (ADD) akan diserahkan kepada kepala desa, sehingga program yang dijanjikan kepada masyarakat saat kampanye pemilihan kepala desa dapat diwujudkan tanpa intervensi politik. "Dengan demikian, kepala desa dapat menjalankan program sesuai visi dan misinya, demi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa," tambahnya.

Dengan dukungan dari koalisi partai yang kuat dan visi yang berfokus pada pembangunan desa, pasangan JTP-Denny Lumbantoruan berharap dapat meraih kemenangan dalam Pilkada Taput 2024 dan membawa perubahan yang nyata bagi masyarakat Tapanuli Utara.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)