Menang di Jabar, Ini Catatan Janji Kampanye Ridwan Kamil

Selasa, 10 Juli 2018 - 13:39 WIB
Menang di Jabar, Ini Catatan Janji Kampanye Ridwan Kamil
Menang di Jabar, Ini Catatan Janji Kampanye Ridwan Kamil
A A A
BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengesahkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jabar pada Minggu (8/7/2018). Hasilnya, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum unggul dibandingkan tiga pasangan calon lainnya.

Apa saja janji kampanye Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang bakal dilakukan ketika memimpin Jabar lima tahun ke depan. Berikut catatan janji kampanye pasangan cagub nomor urut 1 kepada masyarakat Jabar:

1. Satu Desa, Satu Perusahaan
Calon Gubernur Jabar Ridwan Kamil semakin optimistis bisa menerapkan salah satu program pembangunan daerah dengan konsep Satu Desa, Satu Perusahaan saat dilantik menjadi gubernur terpilih nanti. Menurutnya, konsep Satu Desa, Satu Perusahaan sangat rasional, urgent, dan efektif dalam mengatasi persoalan kemiskinan di Jabar.

Salah satu contoh daerah berhasil mengembangkan konsep tersebut adalah Desa Sukawera, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu. Dimana di desa ini warganya berhasil mengembangkan budidaya lele dan jamur merang dengan pendapatan diatas UMR Jabar.

Jika langkah tersebut berhasil dilakukan dalam lima tahun ke depan diyakini persoalan kemiskinan di Jabar dapat diatasi dan mengalami peningkatan yang pesat dan merata di sejumlah daerah.

2. Ciptakan Satu Destinasi Wisata Baru di Daerah
Setiap kali berkampanye ke berbagai daerah di Jabar, Ridwan Kamil selalu melirik potensi wisata yang ada di kabupaten/kota tersebut. Alasannya, potensi pariwisata akan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat sekitar dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah.

Bahkan, setiap berkunjung ke daerah beberapa kali Emil selalu membuat sketsa revitalisasi kawasan agar terlihat menjadi lebih menarik. Seperti yang dilakukan di kawasan Waduk Darma, Kabupaten Kuningan, Situ Wangi di Kabupaten Ciamis, Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sumedang, dan masih banyak potensi pariwisata lainnya.

3. Pemekaran Daerah

Kandidat Gubernur Jabar Terpilih Ridwan Kamil bakal melakukan langkah politik untuk mewujudkan pemekaran sejumlah daerah baru di Jabar ketika dirinya memimpin nanti. Pemekaran daerah dinilai sebagai salah satu program prioritas saat menjadi gubernur terpilih untuk mengatasi persoalan ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat.

Emil menyebutkan, Jabar dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia memiliki persoalan ketimpangan sosial di daerah. Saat ini Jabar baru memiliki 27 kabupaten/kota dengan jumlah penduduk mencapai 42 juta jiwa.

Menurut dia, dengan kondisi luas wilayah dan jumlah penduduk, Jabar minimal sudah memiliki 40 kabupaten/kota. Salah satu wilayah yang perlu dimekarkan ada di Kabupaten Bogor dengan tiga daerah baru yakni Kabupaten Bogor Timur, Bogor Barat dan Bogor Selatan.

Tidak hanya Bogor, sejumlah tokoh masyarakat yang berada di Cianjur selatan, Sukabumi, dan Bandung Timur pun meminta Emil melakukan hal yang sama jika terpilih menjadi gubernur Jabar 2018-2023.

4. Apartemen Buruh di Kawasan Industri
Selama berkampanye, Kandidat Gubernur Jabar Terpilih Ridwan Kamil juga menjanjikan akan memperjuangkan apartemen untuk buruh di Jawa Barat. Kebutuhan rumah layak bagi buruh itu untuk memangkas beban biaya transportasi yang selama ini masih cukup besar dihabiskan para pekerja.

Menurut dia, dengan adanya apartemen yang dekat lokasi kerja bisa memangkas biaya transportasi. Buruh pun bisa dimudahkan dengan dekatnya jarak antara rumah dengan lokasi bekerja.

5. Bantuan Kredit Mesra Bagi Warga
Persoalan rentenir masih menjadi masalah bagi sebagian masyarakat di wilayah pedesaan. Kandidat Gubernur Jabar Terpilih Ridwan Kamil pernah menjanjikan kepada sejumlah warga agar terhindar dari jerat rentenir saat melakukan kampanye pada Pilgub Jabar lalu.

Salah satu janjinya adalah menyediakan fasilitas jaminan Kredit Mesra atau Masjid Sejahtera dengan pinjaman modal usaha yang cukup mudah didapatkan. Menurut dia, masyarakat bisa meminjam modal hingga Rp30 juta untuk usaha cukup dengan mendatangi masjid dan meminta surat rekomendasi dari pengurus DKM setempat.

Keyakinan Emil untuk menerapkan program ini di Jabar karena optimistis telah terlaksana dan berhasil dilakukan saat dirinya menjadi wali kota Bandung.

6. Bantuan Infrastruktur Jalan di Pedesaan
Peningkatan akses infrastruktur jalan akan menjadi salah satu janji kampanye Ridwan Kamil yang akan dipenuhi ketika menjadi Gubernur Jabar 2018-2023, nanti.

Emil mengaku selama berkampanye dengan mendatangi berbagai daerah di pelosok selalu mendapatkan keluhan dari warga mengenai persoalan jalan rusak. Khususnya di wilayah pedalaman dan pedesaan seperti di daerah Bogor, Bekasi, dan Tasikmalaya.

Bentuk pengerjaannya nanti bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, bisa provinsi yang mengerjakan sendiri karena ada di jalan provinsi atau provinsi bisa memberikan bantuan hibah infrastruktur ke pemerintah daerah dengan memberikan dana.

7. Membentuk Perda Pesantren

Janji kampanye Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil setelah dilantik nanti adalah membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Pesantren. Bahkan, janji ini juga sebagai bentuk dukungan politik dirinya saat diusung PPP untuk maju di Pemilihan Gubernur Jabar 2018.

Emil mengaku, pembuatan Perda Pesantren sebagai bentuk dukungan politik dan untuk membangun Jawa Barat menjadi lebih baik. Dengan adanya Perda Pesantren diharapkan menjadi salah satu perhatian pemerintah provinsi terhadap keberadaan ribuan pesantren di Jabar.

8. Revitalisasi Pasar Tradisional

Selama empat bulan masa kampanye, Ridwan Kamil selalu menyempatkan diri blusukan ke sejumlah pasar tradisional di berbagai daerah. Tujuannya selain menyerap aspirasi warga, Emil juga melihat potensi yang bisa dikembangkan kedepannya.

Meskipun, hasil dari blusukan ke pasar tradisional itu kebanyakan para pedagang dan warga menginginkan adanya renovasi dan penataan sehingga pasar menjadi nyaman. Emil mengimpikan keberadaan pasar tradisional sebenarnya bisa menjadi potensi wisata yang dapat dikunjungi wisatawan.

9. Kolaborasikan Program Unggulan Paslon Peserta Pilgub Jabar 2018
Ridwan Kamil juga berjanji akan mengkolaborasikan program unggulan milik pasangan calon (paslon) lain saat memimpin nanti. Tidak hanya janji kampanye dirinya yang akan dikabulkan dihadapan masyarakat Jabar. Emil juga berjanji akan mengambil program unggulan milik paslon peserta Pilgub Jabar.

Seperti program AsyikPrenuer milik pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang menjadi unggulan untuk menciptakan entreprwneur baru di Jabar. Selain itu ada program Molotot.com milik pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah).

Kolaborasi program unggulan milik paslon itu akan disusun secara bersama dengan tujuan membawa Provinsi Jabar maju, sejahterah, dan berkeadilan selama lima tahun ke depan.

10. Mewujudkan Jabar Menjadi Provinsi Termaju di Indonesia
Ridwan Kamil memiliki impian dan harapan untuk membawa Provinsi Jabar Juara dan Termaju di Indonesia pada 2023 mendatang. Sejumlah program pembangunan untuk menyejahterakan masyarakat telah dirancang dan siap dijalankan setelah dirinya dilantik menjadi gubernur Jabar terpilih 17 September mendatang.

Tidak hanya persoalan infrastruktur, tetapi pasangan pemenang Pilgub Jabar 2018 ini juga akan membangun sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang moral, agama, dan budaya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8000 seconds (0.1#10.140)