LSI Sebut Keunggulan Ganjar karena Popularitasnya Tinggi

Kamis, 28 Juni 2018 - 08:25 WIB
LSI Sebut Keunggulan...
LSI Sebut Keunggulan Ganjar karena Popularitasnya Tinggi
A A A
SEMARANG - Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil quick count dengan menempatkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jateng nomor urut 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen unggul atas Sudirman Said-Ida Fauziyah dengan perolehan 58,79 persen berbanding 41,21 persen.Menurut Direktur LSKP-LSI Denny JA, Sunarto Ciptoharjono, quick count Pilgub Jateng 2018 hasilnya tidak jauh beda dengan hasil survei terakhir sebelum pencoblosan.

“Hasil quick count Ganjar-Taj Yasin menang di angka 58.79 persen dan Sudirman-Ida di angka 41.21 persen. Kalau dilihat angka tersebut tidak terlalu jauh dengan survei sebelumnya yaitu Ganjar mempunyai elektebilitas mencapai 53.65 persen,” ungkap Sunarto dalam jumpa pers di Grand Candi Hotel, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/6/2018).

Dia memaparkan bahwa Ganjar Pranowo dan Taj Yasin bisa menang pada Pilgub 2018 ini karena beberapa faktor, salah satunya adalah popularitasnya yang masih tinggi.

“Kenapa menang, karena sejak awal popularitasnya lebih tinggi dari Sudirman Said. Yang kedua masyarakat puas atas kinerja Ganjar. Dan yang ketiga adalah persepsi bahwa Ganjar lolos dari kasus E-KTP,” ungkapnya.

Yang menarik dari perolehan suara hari ini, suara Sudirman-Ida bisa mencapai 41.21 persen yang sebelumnya elektebilitas hanya di angka 33.0 persen. “Yang cukup menarik adalah pasangan Sudirman-Ida mampu meraup migrasi suara yang sebelumnya elektebilitasnya hanya 33.0 persen,” beber dia.

Sunarto menjelaskan, migrasi suara ke Sudirman Said tersebut bukan menggerus suara Ganjar-Yasin tetapi migrasi dari swing votter akibat dari agresifnya tim kampanye Sudirman-Ida di hari hari terakhir jelang coblosan. “Pergerakan suara swing votter tidak terdistribusi normal. Mereka bergerak masif ke Sudirman-Ida,” tukasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8809 seconds (0.1#10.140)