Jukir Liar di Mojokerto Meresahkan Warga

Minggu, 10 Juni 2018 - 16:12 WIB
Jukir Liar di Mojokerto Meresahkan Warga
Jukir Liar di Mojokerto Meresahkan Warga
A A A
MOJOKERTO - Penataan parkir di Kota Mojokerto kembali menuai masalah. Setelah banyak keluhan tarif ganda, kini Dishub Kota Mojokerto dipusingkan dengan membeludaknya juru parkir (jukir) liar. Tak tanggung-tanggung, jumlah jukir liar melebihi jumlah jukir legal yang digaji Pemkot Mojokerto.

Kepala Dishub Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo mengatakan, jukir liar memang menjadi masalah yang butuh penanganan khusus.

Kini jumlah jukir tak berseragam ini justru melebihi jumlah jukir yang berada dalam naungan pihaknya. Jumlah jukir liar ini mencapai angka 160 orang. Jumlah itu terbilang sangat tinggi mengingat mereka hanya beroperasi di beberapa kawasan strategis saja.

Gaguk menegaskan, masalah banyaknya jukir liar ini pernah disampaikan kepada pihak kepolisian agar ada penanganan.

Menurut dia,pihaknya tak berhak melakukan tindakan terhadap jukir liar tersebut. ”Itu kan masuk kategori pungli. Kita juga sering mendapat keluhan soal jukir liar ini,” kata Gaguk.

Ditegaskan, jukir liar tak hanya beroperasi pada malam hari saja. Bahkan, beroperasi siang hari di lokasi yang sudah ada jukir resmi. Ia juga memastikan jika jukir resmi hanya beroperasi hingga pukul 20.00 WIB.

Soal solusi menjamurnya jukir liar, Gaguk menegaskan jika pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian.Dirinya berharap, ada langkah untuk melakukan penertiban. Langkah tersebut agar mereka tak lagi beroperasi.
Sementara banyaknya jukir liar ini juga dikeluhkan pemilik kendaraan. Di Jalan Mojopahit, tarif yang diberlakukan jukir liar dinilai terlalu tinggi.

Padahal jika malam hari, jalur ini menjadi kawasan wisata kuliner dengan jumlah pengunjung yang membeludak.

Parkir mobil Rp4.000, padahal taruf resminya saja tak lebih dari Rp1.000. "Apalagi jika mobil pelat Mojokerto, harusnya gratis,” keluh Heri Setyawan, warga Mojosari.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3989 seconds (0.1#10.140)