Zakat Pemko Medan Disalurkan untuk 10.000 Warga Kurang Mampu

Minggu, 03 Juni 2018 - 04:02 WIB
Zakat Pemko Medan Disalurkan untuk 10.000 Warga Kurang Mampu
Zakat Pemko Medan Disalurkan untuk 10.000 Warga Kurang Mampu
A A A
MEDAN - Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menyerahkan zakat untuk 10.000 warga kurang mampu yang tersebar di 21 kecamatan di Kota Medan, Sabtu (2/6/2018).

Zakat yang dibagikan tersebut merupakan hasil zakat dari Wali Kota beserta keluarga, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis beserta seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan. Penyerahan zakat itu dilakukan Wali Kota didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Rita Maharani Dzulmi Eldin di halaman Masjid Raya Al Osmani Jalan Kol L Yos Sudarso, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan.

Untuk Kecamatan Medan Labuhan, sebanyak 800 paket yang dibagikan. Selanjutnya paket itu diberikan kepada 800 warga kurang mampu nyang bermukim di 6 kelurahan. Adapun zakat yang dibagikan tersebut berupa paket berisi beras sebanyak 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak gorek 1 liter serta uang tali asih.

Pembagian zakat ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemko Medan setiap bulan Ramadhan tiba sebagai bentuk rasa peduli terhadap sesama yang hidupnya kurang beruntung. Wali Kota berharap agar zakat yang diberikan itu dapat membantu meringankan beban warga kurang mampu dalam menjalani ibadah puasa sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Semoga dengan pembagian zakat ini warga kurang mampu bisa merasa tenang dan lebih khusuk melaksanakan ibadah puasa yang tinggal 13 hari ini, termasuk persiapan untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah," kata Wali Kota.

Warga sangat terharu menerima zakat tersebut. Salah seorang warga yang telah berusia lanjut, Hasanah (75), warga Kelurahan Sei Mati merasa bersyukur atas pemberian zakat tersebut. Dia mengaku sangat terbantu sekali dengan diberikannya zakat itu di tengah kondisi pekonomian yang sulit seperti saat ini.

"Alhamdulillah, saya merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas pemberian zakat dari Bapak Wali Kota. Apalagi pemberian zakat ini dilakukan rutin setiap bulan Ramadhan tiba. Semoga pemberian zakat seperti ini terus dilakukan dan kami pun senantiasa mendoakan agar Bapak Wali Kota diberi kekuatan dan kesehatan sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik," ungkap Hasanah.

Usai pembagian zakat, Wali Kota didampingi Ketua TP PKK selanjutnya meninjau ruangan dan sekeliling Masjid Raya Osmani. Peninjauan ini dilakukan untuk melihat kondisi masjid bersejarah. Dia berharap masjid bersejarah dan tertua di Kota Medan serta kini masuk menjadi salahs atu cagar budaya itu tetap terawat dengan baik.

Tempat terpisah, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution MSi membagikan zakat di Kantor Lurah Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli. Sebanyak 600 paket zakat dibagikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin dan warga kurang mampu yang bermukim di kecamatan tersebut.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7060 seconds (0.1#10.140)
pixels