Bandara Baru Ahmad Yani Semarang Beroperasi 6 Juni

Rabu, 30 Mei 2018 - 01:21 WIB
Bandara Baru Ahmad Yani Semarang Beroperasi 6 Juni
Bandara Baru Ahmad Yani Semarang Beroperasi 6 Juni
A A A
SEMARANG - Bandara baru Ahmad Yani Semarang resmi beroperasi pada 6 Juni 2018 untuk melayani penumpang. Perpindahan bandara itu mendesak dilakukan karena bandara lama dinilai sudah tidak memadai untuk melayani penumpang yang jumlahnya terus meningkat terutama pada masa Lebaran Idul Fitri.

"Bandara ini akan kita operasikan pada 6 Juni, dan tanggal 5 Juni boyong (pindahan dari bandara lama). Jadi pada 6 Juni, penerbangan perdana sudah bisa dilakukan di sini," kata Direktur Utama Angjasa Pura I, Faik Fahmi, kepada awak media usai media visit proyek pegembangan Bandara Ahmad Yani, Selasa (29/5/2018).

Bangunan megah bandara baru ini seluas 58.000 meter persegi dan dilengkapi sejumlah fasilitas modern. Lokasi ini juga dilengkapi area parkir yang bisa menampung 2.000 kendaraan. Nantinya, bandara ini akan ditunjang dengan akses masuk berupa jalan layang.

"Penerbangan di Semarang jumlah penumpang mencapai 4,4 juta orang pada 2017, sedangkan kapasitas terminal hanya 800 ribu penumpang per tahun. Dengan jumlah itu tidak memungkinkan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang di bandara lama. Dengan jumlah itu per hari berarti kita melayani 12.000-an penumpang," jelasnya.

Dia menambahkan, jumlah penumpang itu akan meningkat drastis pada masa mudik Lebaran Idul Fitri dan Natal hingga Tahun Baru yang mencapai 16.700 penumpang. Untuk itu, pengoperasian bandara baru perlu segera dilakukan agar bisa memberi pelayanan yang baik kepada penumpang.

"Bandara yang baru ini bisa menampung sekitar 19.000 penumpang per hari, karena ini kita buat dengan kapasitas tujuh juta penumpang per tahun. Mudah-mudahan ini bisa menyelesaikan persoalan yang muncul setiap Lebaran dan Natal Tahun Baru, karena selalu tidak nyaman untuk dimanfaatkan masyarakat," jelasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6555 seconds (0.1#10.140)