Desa Wonokerto Siapkan Tiga Jalur Evakuasi Erupsi Merapi

Senin, 28 Mei 2018 - 13:59 WIB
Desa Wonokerto Siapkan Tiga Jalur Evakuasi Erupsi Merapi
Desa Wonokerto Siapkan Tiga Jalur Evakuasi Erupsi Merapi
A A A
SLEMAN - Pemerintah Desa Wonokerto, Turi, Sleman menyiapkan tiga jalur evaluasi dalam menghadapi erupsi Gunung Merapi. Wonokerto merupakan desa tertinggi bagian barat Sleman dan jarak dengan puncak Merapi hanya 4 kilometer (Dusun Tunggularum).

Kepala Desa Wonokerto Tomon Hario Wirosobo mengatakan, tiga skema jalur evakuasi tersebut, yakni pertama bagi warga yang berada di radius 10 km, kedua radius 10-15 km, dan ketiga di atas 15 km. Untuk skema pertama sebagai tempat pengumgsian disiapkan di Balai Desa Wonokerto. "Ada dua dusun yang ada di radium aman 10 km ini yakni Tunggularum dan Gondoarum," kata Tomon, Senin (28/8/2018).

Skema dua, untuk radius 10-15 km, telah disiapkan tiga tempat, yaitu untuk warga yang ada di pedukuhan Manggungsari dan Imorejo di balai desa Wonokerto, warga pedukuhan Sempu dan Banjarsari di balai desa Bangunkerto serta yang dari desa Wonokerto ke kantor kecamatan Turi. "Untuk skema ketiga, yaitu jarak di atas 15 km, dipusatkan di balai desa Tridadi Sleman," paparnya.

Menurut Tomon dengan peningkatan status Merapi ke level II (Waspada) warga bersama petugas terus malakukan pemantau dan roda malam yang di pusatkan di balai desa Wonokerto.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Sleman Makwan memgatakan meski kondisi Merapi landai, namun untuk status masih Waspada. Karena itu, terus akan melakukan pendampingan dan sosialisaI serta update terbaru kondisi gunung Merapi, terutama warga yang berada di KRB III dan terdampak erupsi Merapi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0114 seconds (0.1#10.140)