Cerita Pagi

Museum Kereta Api Ambarawa, Wisata Sejarah Peninggalan Belanda

loading...
Museum Kereta Api Ambarawa, Wisata Sejarah Peninggalan Belanda
Museum Kereta Api Ambarawa, Wisata Sejarah Peninggalan Belanda
Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah hingga saat ini masih berdiri kokoh dan terlihat megah meski usia bangunannya sudah mencapai ratusan tahun. Bahkan destinasi wisata sejarah yang dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada 1873 silam itu, setiap hari libur ramai dikunjungi wisatawan.

Selain melihat koleksi kereta api tua dan menggali sejarah, di Museum Kereta Api Ambarawa para wisatawan juga bisa menikmati perjalanan kereta wisata dengan rute Ambarawa-Tuntang atau Ambarawa-Bedono.

Perjalanan kereta wisata tersebut bisa dinikmati pada Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Di luar hari tersebut, wisatawan bisa melakukan perjalanan wisata kereta api itu dengan sistem carter.

Sedangkan perjalanan wisata kerepa api rute Ambarawa-Bedono hanya bisa dinikmati dengan sitem carter dengan harga yang cukup fantastis, yakni sekitar Rp10 juta. Bahkan kalau menggunakan kereta lebih dari satu gerbong, maka dikenai biaya sewa Rp2,5 juta per gerbong. Jadi kalau menggunakan tiga kereta dengan kapasitas 120 orang, maka harga caternya Rp15 juta.



Mahalnya biaya sewa ini, karena lokomotifnya bermesin uap dan berbahan bakar kayu. Sedangkan gerbong keretanya terbuat dari kayu. Sehingga biaya operasional dan perawatannya cukup tinggi. Maka dari itu, harga carter kereta uap terbilang mahal.

Namun, selama perjalanan para wisatawan bisa menikmatai panorama alam pegunungan yang eksotis. Sepanjang perjalanan dari Ambarawa hingga Bedono, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemadangan Gunung Telomoyo dan Gunung Kelir yang hijau dan Asri.

Yang menarik, pengalaman menikamati perjalanan kereta wisata dengan menggunakan lokomotif bermesin uap berumur ratusan tahun ini, hanya bisa dinikmati di Museum Kereta Api Ambawara. Jadi mahalnya harga carter bisa tergantikan oleh pengalamam yang fantastis dan perjalanan kereta wisata yang indah.



"Harganya memang mahal, namun sepadan dengan indahnya perjalanan wisata dan pengalaman unik yang dimiliki para wisatawan setelah menikmati perjalanan kereta wisata dengan lokomotif tua bermesin uap yang memakai bahan bakar kayu," kata salah seorang tour guide kereta wisata Museum Kereta Api Ambarawa Tika, belum lama ini.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top