Cimahi Masuk 100 Kota/Kabupaten Jadi Percontohan Smart City

Rabu, 23 Mei 2018 - 17:38 WIB
Cimahi Masuk 100 Kota/Kabupaten Jadi Percontohan Smart City
Cimahi Masuk 100 Kota/Kabupaten Jadi Percontohan Smart City
A A A
CIMAHI - Kota Cimahi menjadi salah satu dari 100 kota/kabupaten percontohan gerakan 'Smart City Indonesia' oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Penobatan sebagai kota percontohan itu tertuang dalam Memorendum of Understanding (MoU) Kemenkominfo dengan Pemkot Cimahi.

"Kami siap mengembangkan konsep Smart City. Apalagi Kemenkominfo sudah memberikan kepercayaan untuk itu," kata Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna kepada wartawan di kompleks perkantoran Pemkot Cimahi, Rabu (23/5/2018).

Menurutnya konsep Smart City merefleksikan pelayanan publik yang dilakukan secara digital atau online dengan berbasis teknologi. Tujuannya agar berbagai pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih cepat, mudah, efisien, dan tidak terjadi pungli. Targetnya hal tersebut bisa terealisasi dalam waktu minimal dua tahun ke depan.

Ajay menjelaskan, penerapan Smart City ini merupakan tren peralihan teknologi yang semakin modern dan itu harus diterapkan juga dibirokrasi. Khusus di Cimahi, beberapa unit kerja milik Pemkot Cimahi sudah menerapkan pelayan berbasis teknologi. Seperti di Kecamatan Cimahi Utara yang sudah memiliki aplikasi Sasarengan Lengkapi Persyaratan (Sapakat) dan Surat Pelayanan Terpadu (Super) online.

"Saat ini yang juga sedang coba diterapkan konsep itu adalah di RSUD Cibabat, Kecamatan Cimahi Tengah dan Cimahi Selatan," sebutnya.

Plt Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi Mochammad Ronny menambahkan, dalam pengembangkan Smart City, ada beberapa unsur pelayanan yang akan dimasukkan. Di antaranya pelayanan bidang ekonomi, hunian, tata kelola pemerintahan, lingkungan dan lain-lain.

"Kami ingin semua terintegrasi. Sehingga ke depan juga akan dibentuk Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City," ucapnya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4876 seconds (0.1#10.140)