Tingkatkan Pemahaman Regulasi, Pemkot Salatiga Gencarkan Patroli Edukatif

Sabtu, 19 Mei 2018 - 10:11 WIB
Tingkatkan Pemahaman...
Tingkatkan Pemahaman Regulasi, Pemkot Salatiga Gencarkan Patroli Edukatif
A A A
SALATIGA - Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga melalui Dinas Satpol PP akan menggalakkan patroli edukatif ke semua wilayah di Salatiga. Patroli ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat mengenai penegakan peraturan daerah (perda) dan meningkatkan pemahaman regulasi.

Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mengatakan, pendekatan secara edukatif dalam pelaksanaan perda dan perwali perlu dilakukan terus-menerus. Karena dengan pendekatan preventif inilah, peraturan bisa dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat.

"Edukasi kepada masyarakat tentang penegakan hukum, dengan pendekatan secara preventif dan edukatif dalam rangka pelaksanaan peraturan daerah maupun peraturan wali kota sangat dibutuhkan dan diperlukan. Sebab terkadang ada masyarakat yang melakukan melangggar peraturan karena mereka tidak tahu," kata Muh Haris saat launching pelaksanaan Perwali No 29 Tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan penegakan Perda dan Perwali, ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat melalui patroli edukatif di halaman Kantor Satpol PP Kota Salatiga, Jumat (18/5/2018).

Menurutnya, edukasi regulasi kepada masyarakat harus dilakukan secara kontinyu dan berkelanjutan agar peraturan yang ada benar-benar dipahamani dan dilaksanakan dengan baik. "Saya berharap dengan adanya patroli edukatif, pendekatan kepada masyarakat bisa lebih optimal. Sehingga masyarakat bisa melaksanakan kegiatannya dengan didasari pemahaman terhadap peraturan yang ada," ujarnya.

Kepala Satpol PP Kota Salatiga Yayat Nurhayat mengatakan, patroli edukatif merupakan langkah yang paling efektif untuk untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai peraturan yang ada di Salatiga. Dengan edukasi, masyarakat akan sadar dan mengerti dengan peraturan yang berlaku.

"Kalau sudah teredukasi dengan baik namun masih melakukan pelanggaran maka akan dilakukan penegasan dengan aturan lebih lanjut. Saya harap pelaksanaan patroli edukatif bisa berjalan dengan baik dan lancar, seperti yang kita harapkan sehingga ketertiban masyarakat lebih terjaga," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6622 seconds (0.1#10.140)