Hujan Abu Gunung Merapi Sampai Kota Yogyakarta

Jum'at, 11 Mei 2018 - 14:01 WIB
Hujan Abu Gunung Merapi Sampai Kota Yogyakarta
Hujan Abu Gunung Merapi Sampai Kota Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Letusan freatik Gunung Merapi yang berada di Perbatasan Kabupaten Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten menimbulkan abu. Bahkan abu tipis mencapai kota Yogyakarta yang jaraknya puluhan kilometer dari puncak Merapi.

Begitupun di kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) yang berada di Jalan Cendana No 15, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta. Sejumlah kendaraan dinas tampak tertutup abu tipis.

”Wah ini abunya sampai di sini. Awas pakai masker ya kalau keluar,” terang salah satu staf BPPTKG kepada wartawan. Meski begitu di sejumlah jalan di Kota Yogyakarta warga tidak begitu terpengaruh dengan kondisi ini.

BPBD Sleman telah telah mendistribusikan masker. Hujan abu diperkirakan turun di sekitar Gunung Merapi khususnya di bagian selatan dan tergantung dari arah angin. Dilaporkan hujan abu vulkanik terjafi di Tugu Kaliurang, kawasan Merapi Golf mulai turun hujan pasir.

Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Prof Sari Bahagiarti K menghimbau agar masyarakat sekitar Merapi dan di sekitarnya agar tidak panik dan selalu mentaati imbauan dari pihak-pihak yang berwenang. Ahli Geologi Teknik dan Hidrogeologi ini menyebut UPN selama ini juga sudah bekerja sama dengan pemerintah dalam penanggulangan bencana di kawasan Merapi.

“Kami berharap masyarakat binaan dapat mempraktikkan dengan baik jika terjadi evakuasi,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6049 seconds (0.1#10.140)