Hujan Abu Merapi Melanda Sejumlah Wilayah Sleman dan Yogyakarta

Jum'at, 11 Mei 2018 - 11:47 WIB
Hujan Abu Merapi Melanda Sejumlah Wilayah Sleman dan Yogyakarta
Hujan Abu Merapi Melanda Sejumlah Wilayah Sleman dan Yogyakarta
A A A
JAKARTA - Hujan abu akibat letusan freatik Gunung Merapi terjadi di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Sleman dan Yogyakarta, DIY.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), wilayah yang diguyur hujan abu antara lain Kecamatan Tempel, Kecamatan Turi, Kecamatan Pakem, Kecamatan Cangkringan, Kecamatan Ngemplak, dan sebagian Kecamatan Sleman.

"Di Sleman hujan abu turun di daerah Jombor, Ngaglik, Pasar Sleman, Jakal KM 10, Godean, Depok, dan Gamping. Di Kota Yogyakarta hujan abu di daerah Stasiun Tugu, Bumijo, Malioboro, Gamping, dan Timoho," jelas Sutopo dalam rilisnya, Jumat (11/5/2018).

Sutopo menambahkan, hingga saat ini tidak ada erupsi susulan. BPPTK PVMBG tidak merekam adanya peningkatan kegempaan di Gunung Merapi. Pascaerupsi, kegempaan yang terekam tidak mengalami perubahan dan suhu kawah mengalami penurunan. Status Gunung Merapi tetap Normal (Level I).

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Tidak perlu panik. Lakukan antisipasi. Gunakan masker jika melakukan aktitivitas di luar rumah," pungkas Sutopo.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7177 seconds (0.1#10.140)
pixels