Sudirman Said Nyatakan Generasi Milenial Perlu Melek Politik

Sabtu, 14 April 2018 - 18:21 WIB
Sudirman Said Nyatakan Generasi Milenial Perlu Melek Politik
Sudirman Said Nyatakan Generasi Milenial Perlu Melek Politik
A A A
SEMARANG - Generasi milenial adalah generasi yang kelak akan memimpin, baik di level daerah maupun negara, karena itu penting bagi milenial untuk melek politik. Tujuannya untuk memahami bagaimana kebijakan yang menyangkut hidup masyarakat banyak dibuat melalui proses politik.

Calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said mengungkapkan hal itu kepada lebih dari 300 generasi milineals kota Semarang yang menghadiri acara peluncuran bukunya "Dear Milleneals" di Semarang, Jawa Tengah Tengah, Sabtu (14/4/2018).

"Adik-adik perlu melek politik agar sedikit banyak memahami proses mengurus pemerintahan. Tapi bukan politik praktis, dalam artian terjun langsung ke dunia politik. Waktunya belum sampai," kata Sudirman Said.

Mantan Menteri ESDM ini menyampaikan, seluruh jabatan strategis di negara ini diputuskan melalui proses politik. Karena itu penting politik diisi oleh orang-orang baik. "Politik adalah hulu. Kalau hulunya baik, hilirnya, dalam hal ini kebijakan dan orang-orang yang akan dipilih pun orang-orang yang baik," ungkap Sudirman Said.

Kemudian Sudirman Said berpesan agar mileneals yang umumnya akrab dengan sosial media tidak mudah terjebak dengan pencitraan yang dilakukan dengan memanfaatkan sosial media. Acap kali yang tampil di sosial media adalah hal-hal permukaan, hanya bungkus, bukan isi yang sesungguhnya.

Sudirman Said menjelaskan, beda pencitraan dan reputasi, sebagaimana yang ditulis dalam buku yang diluncurkan itu. Reputasi menurutnya dibangun dalam jangkan yang panjang, bisa dilacak, dan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik.

"Sementara pencitraan adalah bungkus yang tidak menggambarkan fakta yang sesungguh. Persoalan bisa diselesaikan dengan foto-foto, selfie, kemudian mengunggahnya di media sosial. Butuh ketekunan, kerja keras, kompetensi, dan kejujuran pemimpinnya," katanya lagi.

Terkait dengan proses demokrasi di Jateng, Sudirman Said juga berpesan agar para milenials tidak menyia-yiakan suaranya. Suara milenials cukup menentukan pemimpin Jateng ke depan.

"Jangan golput. Suara anda menentukan masa depan Jateng. Pilih pemimpin yamg bersih, jujur, kompeten, dan mau bekerja semata untuk kepentingan rakyat," pungkas pria yang akrab disapa Pak Dirman ini.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2856 seconds (0.1#10.140)