Panwas Turunkan Baliho Petahana Gubernur Riau di SMA 1

Kamis, 12 April 2018 - 16:30 WIB
Panwas Turunkan Baliho Petahana Gubernur Riau di SMA 1
Panwas Turunkan Baliho Petahana Gubernur Riau di SMA 1
A A A
PEKANBARU - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menurunkan baliho yang terpasang di SMA Negeri 1 Kota Bangking Kabupaten Kampar, Riau. Baliho itu dinilai menyalahi aturan karena terpajang foto calon gubernur (Cabub) Riau.

Ironisnya baliho tersebut dipasang saat digelarnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah tersebut. Salah satu cagub yang mejeng di baliho tersebut adalah petahana Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Dalam baliho itu ada empat gambar, pertama foto Cagub Riau Arsyadjuliandi Rachman kemudian di sebelahnya adalah Wakil Gubernur Riau yang saat ini menjabat Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasim. Kemudian ada foto Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Rudyanto.

Rudianyanto merupakan Pjs Bupati Inhil yang sebelumnya diperiksa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena diduga tidak netral di Pilkada Riau. Kemudian ada foto Kepala Sekolah SMA 1 Negeri Bangkinang, Hendra.

Dalam baliho yang terpajang di halaman sekolah itu bertuliskan “Selamat Mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). SMA Negeri 1 Bangkinang Kota tanggal 9-12 April 2018. Harap Tenang Ada Ujian Nasional.”

Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan mengatakan, pihaknya yang mendapat informasi ada baliho langsung mendatangi sekolah tersebut. Setelah diperiksa memang ada salah satu gambar Cagub Riau dalam baliho tersebut. "Baliho tersebut sudah diturunkan oleh petugas kita dari Panwas kecamatan," ucapnya, Kamis (12/4/2018).

Penurunan itu dilakukan setelah Panwascam melakukan kordinasi dengan pihak sekolah. Setelah dilakukan dialog, barulah petugas menurunkan baliho tersebut. "Hasil penulusuran kita, yang memasang baliho itu adalah pihak sekolah. Alasan kami menurunkan baliho itu karena ada salah satu Cagub Riau," tukasnya.

Pilkada Riau diikuti empat pasangan yakni Syamsuar-Edy Nasution nomor urut 1, Lukman Edy-Hardianto nomor urut 2, Firdaus-Rusli nomor urut 3, dan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno nomor urut 4.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6698 seconds (0.1#10.140)