Ridwan Kamil Bakal Adopsi Program Litle Bandung ke Jabar

Sabtu, 07 April 2018 - 23:01 WIB
Ridwan Kamil Bakal Adopsi...
Ridwan Kamil Bakal Adopsi Program Litle Bandung ke Jabar
A A A
BANDUNG - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) jika terpilih menjadi gubernur. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjalankan program Litle West Java yang bakal mengadopsi dari program milik Kota Bandung (Lilte Bandung).

Emil sapaan akrab, wali kota Bandung nonaktif ini menilai, Litle Bandung yang dijalankan selama ini telah berhasil meningkatkan produksi para pelaku UMKM. Sejumlah produk lokal karya masyarakat Bandung kini telah berhasil dipasarkan ke sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Amerika Latin.

Melalui program yang diadopsi dari Lilte Bandung diharapkan produk-produk UMKM di Jabar juga bisa bertambah lokasinpemasarannya ke berbagai negara.

"Kalau jadi Gubernur, Little Bandung diteruskan tidak hanya produk Kota Bandung, tapi akan se-Jawa Barat atau Little West Java," kata Emil saat membuka acara pameran komunitas kerajinan di Click Square, Jalan Naripan, Kota Bandung, Sabtu (7/4/2018).

Dalam kegiatan itu, Emil menyebutkan, sebanyak 50 komunitas kerajinan dari area Bandung Raya telah siap untuk memberikan pelatihan ke pelaku UMKM se-Jawa Barat. Terutama untuk memberikan nilai tambah ke produk yang dihasilkan.

"Hobi bisa menghasilkan sebuah rupiah, kesejahteraan dengan cara memberikan ilmunya," ungkap dia.

Emil pun berjanji memastikan untuk pemasaran produk UMKM yang ada di Jabar agar bisa bersaing dengan berbagai produk di luar negeri. Emil menilai Jabar memiliki jumlah UMKM yang sangat banyak namun masih terkendala dari sisi pemasaran.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)