2 Turis Asing Merusak Bunga Bangkai yang Sedang Mekar di Agam

Jum'at, 06 April 2018 - 21:05 WIB
2 Turis Asing Merusak Bunga Bangkai yang Sedang Mekar di Agam
2 Turis Asing Merusak Bunga Bangkai yang Sedang Mekar di Agam
A A A
AGAM - Dua turis asing terekam kamera warga, merusak bunga bangkai yang tumbuh dan mekar di kawasan hutan Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Turis yang diduga berasal dari Korea ini menusuk batang bunga langka dengan bambu, lalu merusak kelopak bunga.

Dari rekaman kamera warga terlihat dua wisatawan asing tersebut ditemani seorang pemandu wisata. Mereka masuk ke hutan tempat tumbuhnya bunga bangkai langka di kawasan hutan Pandan, perbatasan Jorong Batang Palupuah dengan Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada Kamis 5 April 2018.

Rinaldi dan Devit, warga setempat yang melihat perbuatan tak terpuji wisatawan asing ini menyebutkan, setelah dilarang wisatawan yang diduga berasal dari Korea dan Inggris ini menghentikan aksinya dan berpura-pura memotret bunga bangkai tersebut. Kemudian kedua wisatawan tersebut beserta pemandu wisatanya pun meninggalkan lokasi.

Saat diperiksa batang bunga bangkai terdapat bekas ditusuk. Di bawah bunga juga ditemukan kelopak yang telah rusak akibat dilepas pelaku. Perbuatan para turis tersebut telah dilaporkan ke wali jorong atau setingkat rw setempat.

Bunga bangkai jenis amorphophallus titanum ditemukan oleh warga pada Februari saat masih kuncup dan baru tiga 3 hari lalu mekar. Saat kejadian perusakan oleh turis asing, merupakan hari puncak mekarnya bunga bangkai. Ukurannya yang besar dan tinggi dan warga menyebut sebagai bunga bangkai terbesar yang pernah ditemukan di daerah Palupuah.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6729 seconds (0.1#10.140)