Survei Pilgub Lampung, Charta Politika: Elektabilitas Calon Petahana Tertinggi

Selasa, 20 Maret 2018 - 17:50 WIB
Survei Pilgub Lampung, Charta Politika: Elektabilitas Calon Petahana Tertinggi
Survei Pilgub Lampung, Charta Politika: Elektabilitas Calon Petahana Tertinggi
A A A
BANDAR LAMPUNG - Elektabilitas pasangan Cagub-Cawagub Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri menempati urutan teratas dalam survei yang dirilis Charta Politika, Selasa (20/3/2018).

Berdasarkan hasil survei, calon petahana yang didukung Partai Demokrat, PPP, dan Partai Gerindra ini mendapatkan hasil tertinggi dengan tingkat elektabilitas 35,1 persen. Sementara, urutan kedua ditempati pasangan Herman HN-Sutono dengan angka 26,3 persen. Selanjutnya, pasangan Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (13,1 persen) dan pasangan Mustafa-Ahmad Jajuli (11,3 persen).

Survei preferensi politik menjelang Pilgub Lampung 27 Juni 2018 ini dilakukan dengan pengumpulan data yang dilakukan Charta Politika sejak 6 hingga 11 Maret 2018, melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terstruktur yang tersebar di delapan daerah pemilihan di Propinsi Lampung.

Jumlah sampel 800 responden yang tersebar di 8 kabupaten/kota di lampung. Menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error lebih kurang 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, berdasakan hasil survei, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pasangan calon petahana menjadi salah satu faktor masih tingginya elektabilitas calon petahana itu pada Pilgub Lampung mendatang. Adapun tingkat kepuasan publik mencapai 59,8 persen.

Sebaliknya, kasus tangkap tangan KPK terhadap calon gubernur nomor urut 4 menjadikan faktor menurunnya elektabilitas pasangan calon Mustafa-Ahmad Jajuli turun hingga 11,3 persen.

Meski demikian, menurut Yunarto Wijaya, dinamika politik menjelang Pilgub Lampung mendatang masih sangat memungkinkan adanya perubahan tingkat elektabilitas masing-masing pasangan calon gubernur.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8012 seconds (0.1#10.140)