Kembangkan Anak Didik melalui Festival Pelajar Kobar

Senin, 19 Maret 2018 - 17:30 WIB
Kembangkan Anak Didik melalui Festival Pelajar Kobar
Kembangkan Anak Didik melalui Festival Pelajar Kobar
A A A
PANGKALAN BUN - Memasuki hari ke-8 digelarnya Festival Pelajar tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Tahun 2018, sejumlah anak dari berbagai sekolah tingkat SD, SMP, maupun SMA se-Kabupaten Kobar, Kalimantan Tengah, antusias unjuk kebolehan masing-masing untuk menjadi yang terbaik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar Aida Lailawati mengatakan, Festival Pelajar dilaksanakan secara serentak mulai dari tingkat sekolah SD hingga SMA agar pemerintah lebih mudah dalam hal menjaring siswa-siswi berprestasi. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wahana kompetisi dalam bidang ilmu pengetahuan, olahraga, dan seni budaya, dalam upaya komprehensif untuk menumbuhkembangan budaya, kreativitas anak, dan motivasi dalam berprestasi.

"Kegiatan ini juga sekaligus untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam bidang akademik yang berasaskan pendidikan karakter yang berakar pada budaya Indonesia," ujar Aida kepada MNC Media, Senin (19/3/2018).

Kemudian, lanjut Aida, Festival Pelajar juga berguna untuk memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa maupun guru dalam meningkatkan prestasi belajar dan membina pelestarian seni dan budaya khususnya di Kobar, serta mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan tanggung jawab kepada para siswa.

"Diharapkan melalui kegiatan ini terjadi geliat pengembangan inovasi, kreativitas pendidikan di Kobar."

Lanjut Aida, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberi dampak positif dalam pengembangan kreativitas masyarakat dalam upaya mendukung pemerintah terutama dalam sektor pariwisata.

Bupati Kobar Nurhidayah menuturkan, kegiatan ini sangat penting sebagai bagian dari sistem pembinaan siswa yang dilakukan oleh pemerintah daerah terutama untuk menjaring atlet-atlet berbakat dalam bidang olahraga dan seni di Kabupaten Kobar.

"Penting bagi daerah untuk membina dan melahirkan bibit-bibit berbakat, untuk dikembangkan secara berkelanjutan, agar menjadi andalan dan bisa mengharumkan nama daerah nantinya," ujarnya.

Dia menjelaskan, mereka yang keluar sebagai juara dalam Festival Pelajar adalah yang terbaik, sehingga nantinya peserta yang lolos bisa diproyeksikan mengikuti ajang lomba-lomba selanjutnya di tingkat nasional maupun internasional.

"Yang lolos pada seleksi ini nanti sebagai acuan bagi daerah untuk mengasah kemampuannya lagi di tingkat yang lebih tinggi."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7159 seconds (0.1#10.140)