PLTMH Terbesar di Tapsel Diresmikan

Minggu, 25 Februari 2018 - 12:56 WIB
PLTMH Terbesar di Tapsel Diresmikan
PLTMH Terbesar di Tapsel Diresmikan
A A A
TAPANULI SELATAN - Sedikitnya tujuh dusun di Desa Silangkitang Tambiski, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara akhirnya menikmati listrik setelah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Silangkitang Tambiski diresmikan, Sabtu (24/2/2018).

Dengan dibangunnya PLTMH itu, ratusan warga di desa itu dipastikan terlepas dari keterisoliran aliran listrik. PLTMH dengan daya 53 kilowatt itu akan menerangi 7 dusun yang ada di desa itu. Ke tujuh dusun itu, Dusun Silangkitang, Silaiya Jae, Silaiya Julu, Sayurmadua, Tambiski, Batuhombang dan Dusun Bangunan.

"PLTMH yang baru diresmikan ini merupakan yang terbesar di Tapsel," ujar Syahrul M Pasaribu, ketika meresmikan PLTMH di Desa Silangkitang, Sabtu (24/2/2018).

Dari pembangunan PLTMH tersebut, akan mampu menerangi sebanyak 150 kepala keluarga (KK). Selain itu, pada 2018, energi yang dihasilkan oleh PLTMH Silangkitang Tambiski ini juga akan mengaliri dua dusun yang ada di desa Mandalasena.

"Kedua Dusun itu Tano Hudon Julu dan Tano Hudon Jae, Desa Mandalasena yang berpenduduk lebih kurang 25 KK dan prasarana lainnya," ujarnya.

Politisi asal Partai Golongan Karya (Golkar) berharap agar masyarakat menjaga lingkungan dan alam. Keberadaan air menentukan kelangsungan PLTMH. Sebab, alat tersebut dapat beroperasi apabila debit air tidak kurang, sehingga dibutuhkan komitmen masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Sementara itu, Dirjen Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (DJEBTKE) Rida Mulyana mengatakan, pembangunan itu sebagai komitmen pemerintah untuk mengentaskan keterisoliran di bidang listrik.

"Kami siap bekerja sama dengan Pemkab Tapsel, sehingga ke depan akan banyak terbangun PLTMH di wilayah ini," ujarnya.

Dia mengatakan, sejak 2011 hingga 2016, DJEBTKE sudah membangun 66 unit PLTMH yang tersebar diseluruh Indonesia dengan 6022.82 kilowatt.

Hadir dalam acara peresmian tersebut, Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu, Sekretaris Daerah Tapsel Parulian Nasution, Kepala Cabang PT PLN Padangsidimpuan Roni affrianto, Ketua Tim Penggerak PKK NySyaufia Lina Syahrul M Pasaribu, Kepala Dinas Pendidikan Tapsel Ibrahim Lubis dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Isnut Siregar.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5467 seconds (0.1#10.140)