Kapal Kahyong Utara Tenggelam, Tim SAR Cari 1 ABK yang Hilang

Rabu, 21 Februari 2018 - 15:02 WIB
Kapal Kahyong Utara Tenggelam, Tim SAR Cari 1 ABK yang Hilang
Kapal Kahyong Utara Tenggelam, Tim SAR Cari 1 ABK yang Hilang
A A A
BANYUASIN - Tim SAR Palembang saat ini masih melakukan pencarian terhadap Hanafi, ABK Kapal Kahyong Utara milik PT ALP yang tenggelam di perairan Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel).

Sejak pukul 6.30 WIB tadi pagi, tim gabungan sudah menyisir lokasi karamnya kapal nahas tersebut. Bahkan, tim juga sudah melakukan pencarian hingga radius 1 mil karena diduga korban diseret arus. Namun, hingga saat ini korban belum juga ditemukan.

Humas Barsarnas Kantor SAR Palembang, Rio Taufan mengatakan, pencarian saat ini lebih difokuskan di lokasi karamnya kapan dan di dalam bangkai kapal yang tenggelam tersebut.

"Kita turunkan dua unit kapal RIB dan satu unit perahu karet milik Basarnas Palembang. Saat ini masih terus dilakukan pencarian terhadap seorang ABK yang hilang," kata Taufan, Rabu (20/2/2018).

Kata Taufan, 15 orang personel dikerahkan dalam pencarian tersebut. "Kita terkendala derasnya arus dan angin kencang. Penyelaman belum dapat dilakukan karena kondisi kapal yang labil dan memungkinkan kendaraan di dalam kapal yang ikut tenggelam dapat bergerak sewaktu-waktu. Itu dapat membayakan penyelam nantinya," jelasnya.

Rencananya, pencarian korban hilang itu sendiri akan dilakukan hingg matahari tenggelam. "Saat ini kita akan melakukan sapu bersih kurang lebih radius 5 NM," terangnya.

Untuk diketahui, sebelum dikabarkan tenggelam pada Selasa 20 Februari 2018, kapal feri Kahyong Utara tersebut berangkat dari Tanjung Kalian, Bangka Barat menuju ke pelabuhan Tanjung Api-Api, Banyuasin Sumsel.

Tiba di perairan Banyuasin, kapal yang mengangkut 29 penumpang, 8 ABK, 9 truk dan satu minibus tersebut hilang kendali setelah diduga menabrak karang.

36 orang diketahui selamat dalam peristiwa tersebut. Sementara satu orang ABK dinyatakan hilang dan hingga kini masih dilakukan pencarian.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7447 seconds (0.1#10.140)