Medan Jadi Tuan Rumah Pertemuan ASEAN-New Zealand

Senin, 19 Februari 2018 - 17:00 WIB
Medan Jadi Tuan Rumah Pertemuan ASEAN-New Zealand
Medan Jadi Tuan Rumah Pertemuan ASEAN-New Zealand
A A A
MEDAN - Kota Medan terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan The 25th ASEAN-New Zealand Dialogue. Forum untuk mendorong peningkatan kerja sama antar negara-negara ASEAN dan New Zealand akan diikuti 100 peserta dari 10 negara. Even internasional ini direncanakan akan berlangsung 10-11 April mendatang.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin dengan perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) yang dipimpin Direktur Kerjasama ASEAN Benny Siahaan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Senin (19/2/2018).

Benny mengatakan, sebenarnya ada sejumlah kota yang telah diproyeksikan untuk menggelar The 25th ASEAN-New Zealand Dialogue. Namun akhirnya sepakat memilih ibukota Provisi Sumatera Utara sebagai tuan rumah.

Benny berharap wali kota mendukung penuh sehingga dialog antarnegara ASEAN dan New Zealand berjalan sukses dan lancar. Digelarnya dialog internasional tersebut, jelas Benny, tentunya memberikan efek positif bagi Kota Medan.

Selain mempromosikan sebagai Kota MICE (meeting, incentive, convention dan exhibition) di Indonesia, event ini juga akan memberikan dampak dari sisi ekonomi menyusul hadirnya para peserta.

Selain menggelar dialog, Benny mengatakan kegiatan juga akan diisi dengan city tour. Seluruh peserta dialog akan dibawa mengunjungi sejumlah tempat bersejarah di Kota Medan. Sejauh ini, ada dua tempat yang telah direkomendasikan untuk dikunjungi yakni Istana Maimun Jalan Brigjen Katamso dan Tumah TJong Afie Jalan Ahmad Yani.

Didampingi sejumlah stafnya, Benny selanjutnya masih menjajaki hotel yang akan dijadikan sebagai tempat menginap sekaligus menggelar dialog. Diakuinya, sudah ada beberapa hotel yang menjadi pilihan. “Yang pasti lokasinya di inti kota, tidak macet serta dekat untuk melaksanakan city tour,” ungkapnya.

Selain itu Benny minta dukungan Pemko Medan menyediakan pagar ayu (penerima tamu) dari Jaka dan Dara Kota Medan. Dia berharap Jaka dan Dara mengenakan pakaian etnis pada saat menerima kedatangan para tamu sebagai lambang kebhinnekaan yang ada di Sumut, termasuk Kota Medan.

Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin sangat mengucapkan terima kasih kepada pihak Kemenlu RI yang telah menetapkan Kota Medan sebagai tuan rumah pelaksanaan The 25th ASEAN-New Zealand Dialogue. Kepercayaan itu tentunya semakin mengukuhkan Medan sebagai Kota MICE di Indonesia.

Wali kota mengungkapkan, Kota Medan sudah sering menggelar even berskala internasional. Salah satunya yang terbesar adalah pertemuan anggota Ekonomi Kawasan Asia Pasifik (Senior Official Metting III Asia-Pacific Economic Cooperation/SOM III APEC) pada Juli 2013 yang diikuti sekitar 2.500 dari 21 negara tersebut.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1352 seconds (0.1#10.140)