Aher Yakin Pilgub Jabar 2018 Aman dan Damai

Minggu, 04 Februari 2018 - 08:45 WIB
Aher Yakin Pilgub Jabar 2018 Aman dan Damai
Aher Yakin Pilgub Jabar 2018 Aman dan Damai
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menegaskan, menghadapi Pilgub Jabar 2018, termasuk pilkada serentak di 16 kabupaten/kota di Jabar, provinsi yang dipimpinnya dalam kondisi aman dan toleran. Dia yakin, Pilgub Jabar 2018 dan pilkada serentak akan berlangsung aman dan damai.

Menurut Aher, sapaan akrab Heryawan, Provinsi Jabar tak pernah memiliki sejarah buruk terkait pelaksanaan pilkada. Terbukti, pelaksanaan Pilgub Jabar 2008 dan 2013 lalu pun berlangsung aman, tertib, dan damai.

"Jabar tidak rawan, Jabar Aman, Jabar toleran. Kita bicara bukti saja secara kasat mata dan feeling," tegas Aher seusai menghadiri kegiatan Sawala Pilgub Jabar 2018 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Kota Bandung, Sabtu (3/2/2018).

Menurut Aher, keamanan dan kedamaian yang selama ini terjaga di Jabar merupakan wujud nyata kehidupan sosial dan budaya masyarakat Jabar yang memiliki tabiat lemah lembut, silih asah, silih asuh, silih asih, repeh rapih, dan someah hade ka semah.

"Ini sudah menjadi modal dasar budaya masyarakat Jabar untuk sampai pada tingkat keguyuban rasa aman yang tinggi," ujarnya.

Aher mengatakan, Pilgub Jabar boleh dikatakan memiliki kerawanan yang tinggi jika memiliki catatan sejarah pelaksanaannya berlangsung tidak aman. Jika sejarah itu ada, kata Aher, tentu diperlukan kewaspadaan yang tinggi menjelang pelaksanaan Pilgub Jabar 2018.

"Tapi ini kan tidak. Pelaksanaan pilkada di Jabar sejak 2008, 2013, dan sekarang Insya Allah akan tetap aman," tegas Aher.

Untuk semakin menegaskan terciptanya rasa aman dan damai dalam pelaksanaan Pilgub Jabar 2018, Pemprov Jabar akan terus berkoordinasi dengan Polri, TNI, ulama, tokoh lintas agama hingga tokoh masyarakat. Bahkan, Pemprov Jabar akan segera menggelar apel besar bersama seluruh lapisan tersebut.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8925 seconds (0.1#10.140)