Tim Verifikasi KPU Naik Perahu Cari Kader Perindo di Tengah Rawa Pening

Minggu, 07 Januari 2018 - 02:56 WIB
Tim Verifikasi KPU Naik Perahu Cari Kader Perindo di Tengah Rawa Pening
Tim Verifikasi KPU Naik Perahu Cari Kader Perindo di Tengah Rawa Pening
A A A
SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Semarang baru saja menyelesaikan tahapan verifikasi faktual Partai Perindo. Tim verifikasi harus bekerja keras menemui seluruh anggota Partai Perindo yang di-sampling, bahkan hingga naik perahu ke tengah Rawa Pening.

"Tadi Ketua KPUD Kabupaten Semarang Guntur Suhawan yang cerita kalau harus naik perahu ke tengah rawa, mencari anggota kita (Perindo). Kebetulan kader kita itu seorang nelayan yang sehari-hari berada di rawa," ujar Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Semarang Andhi Supriyadi, Sabtu (6/1/2018).

Setelah dilakukan pencarian, perahu yang mengangkut rombongan tim verifikasi akhirnya bisa menemukan nelayan bernama Surmadi (57) yang tengah mencari ikan. Perahu tim verifikasi segera merapat agar tim bisa berdialog dengan pria paruh baya tersebut.

"Seperti biasa tim menanyakan tentang nama dan apa benar menjadi anggota Perindo. Dan luar biasanya Pak Surmadi itu menjawab dengan lantang, membenarkan menjadi anggota Perindo. Di rawa itu ya hanya untuk mencari satu kader kita saja. Kita apresiasi kinerja KPU," jelasnya.

Dia menambahkan, Surmadi merupakan salah satu dari 181 anggota Partai Perindo yang menjalani verifikasi faktual (vertual). Dari jumlah tersebut, sebanyak 160 anggota dinyatakan memenuhi syarat (MS), sedangkan sisanya tak memenuhi syarat (TMS).

"Angka 160 ini luar biasa, sangat banyak. Karena yang dinyatakan TMS itu hanya 21 anggota. Tapi bukan karena mereka menolak jadi anggota Perindo. Sebagian ada yang karena suami-istri, dan sang suami dari partai lain lalu istrinya tidak boleh ke Perindo. Tapi ada pula yang suami dari partai lain, istri diizinkan ke Perindo, katanya biar Bhinneka Tunggal Ika," bebernya.

Setelah dinyatakan lolos, pihaknya kini menyiapkan tahapan selanjutnya sembari menunggu pengumuman dari KPU Pusat partainya dinyatakan menjadi peserta Pemilu 2019. Apalagi, pada Pemilu Legislatif pihaknya menargetkan 10 kursi di DPRD Kabupaten Semarang.

"Kalau jumlah dapil ada lima, kita targetkan masing-masing dapat dua jadi jumlahnya 10. Kita optimistis bisa meraihnya. Kita sudah sangat solid, dan persiapannya cukup lama."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4076 seconds (0.1#10.140)