Puluhan Pilot dan Pramugari Tes Urine di Bandara Husein Sastranegara

Kamis, 21 Desember 2017 - 14:07 WIB
Puluhan Pilot dan Pramugari Tes Urine di Bandara Husein Sastranegara
Puluhan Pilot dan Pramugari Tes Urine di Bandara Husein Sastranegara
A A A
BANDUNG - Puluhan kru pesawat yang terdiri atas pilot dan pramugari/pramugara dites urine di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Hal ini mengantisipasi penggunaan narkoba seiring tingginya traffic penerbangan jelang Natal dan Tahun Baru 2018.

Tes urine dilakukan kepada setiap kru pesawat yang akan terbang atau baru mendarat di Bandara Husein Sastaranegara Bandung, Kamis (21/12/2017). "Sampai siang ini, kami telah melakukan sampling kepada 38 kru pesawat penerbangan domestik dan internasional. Dari jumlah itu, hasilnya negatif," kata Kabid Transportasi Udara Dishub Jabar Nining Yuliastiani kepada SINDOnews.

Menurut dia, beberapa kru pesawat yang telah diperiksa berasal dari maskapai Lion Air, AirAsia, dan Citilink. Tes urine merupakan program dari Dishub Jabar, BNN Provinsi Jabar, Angkasa Pura II, dan Lanud Husein Sastranegara.

"Kami akan mengambil sampel sebanyak 100 kru pesawat. Tetapi sifatnya dilakukan random agar tidak mengganggu penerbangan, sehingga pelayanan terhadap penumpang tetap berjalan."

Lebih lanjut dia menjelaskan, tes urine kali ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta agar pelayanan transportasi selama Natal dan Tahun Baru 2018 terjamin keselamatannya. Salah satu langkah yang diambil Dishub Jabar adalah menjamin keselamatan penumpang dengan melakukan tindakan pencegahan penggunaan narkoba.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7030 seconds (0.1#10.140)