Bandara Hang Nadim Padat, Jadwal Penerbangan Ditambah

Rabu, 20 Desember 2017 - 11:13 WIB
Bandara Hang Nadim Padat, Jadwal Penerbangan Ditambah
Bandara Hang Nadim Padat, Jadwal Penerbangan Ditambah
A A A
NONGSA - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim menyetujui tambahan penerbangan (extra flight ) dari pihak maskapai untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang mudik Natal dan Tahun Baru 2018.

General Manager Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Internasional Hang Nadim, Suwarso mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak maskapai penerbangan untuk menambah jadwal penerbangan. Hasil kordinasi dan rapat bersama dengan manajemen maskapai, telah disetujui adanya tambahan penerbangan.

Untuk jadwal tambahan penerbangan yang telah disepakati bersama dua maskapai, yaitu Lion Air dan Sriwijaya Air. Tambahan tersebut untuk rute daerah tujuan Jakarta. “Lion Air tanggal 24, 25, 28 dan 29 Desember, untuk Jakarta- Batam-Jakarta. Sriwijaya Air tanggal 15 Desember 2017-15 Januari 2018 juga untuk rute Jakarta-Batam-Jakarta,” katanya.

Lonjakan penumpang jelang Natal dan Tahun Baru 2018 sudah mulai terlihat. “Total seluruh penumpang Domestik yang berangkat pada H-7 Natal dari Bandara Hang Nadim berjumlah 8.530 penumpang. Sementara untuk penumpang yang datang ke Batam mencapai 8.714 penumpang,” kata dia.

Sementara itu lonjakan penumpang tak hanya dirasakan di Bandara Hang Nadim. Penumpang juga memadati Pelabuhan Batuampar. Bahkan tiket kapal Pelni tujuan Batam- Belawan, Medan ludes terjual. Namun hingga kini masih ada calon penumpang yang hendak membeli tiket.

Staf Operasional PT Pelni Batam Robbie Ahmansyah mengatakan, tiket Pelni terjual habis hingga untuk keberangkatan akhir Desember ini. Sebelumnya, pihak Pelni telah mengimbau masyarakat untuk membeli tiket terlebih dahulu sejak 10 November. Pembelian dapat melalui situs resmi Pelni, agen perjalanan atau di loket penjualan tiket PT Pelni Batam.

“Berdasarkanperaturanyang ada, jumlah pelampung yang ada di kapal harus sesuai dengan jumlah penumpang. Pelni membatasi penjualan tiket hingga 3,164 saja, itu sudah disesuaikan dengan dispensasi dari Dirjen Perhubungan,” tuturnya.

Kapasitas tampung KM Kelud adalah 3.796 penumpang, namun angka 3.164 penumpang di setiap keberangkatan karena menyesuaikan dengan jumlah pelampung yang ada yang berkisar 3.200 buah. (Mohammad Ilham/ Cr2/Romi Kurniawan)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0536 seconds (0.1#10.140)