20 Supercar Khusus Batam Dibebaskan Keluar Batam, Ini Alasannya

Sabtu, 25 Februari 2023 - 13:52 WIB
loading...
20 Supercar Khusus Batam Dibebaskan Keluar Batam, Ini Alasannya
Sebanyak 20 Supercar Khusus Batam dibebaskan mengaspal keluar Batam, Kepri pada 18-19 Februari 2023 lalu. Foto/MPI/Dicky Sigit Rakasiwi
A A A
BATAM - Sebanyak 20 Supercar Khusus Batam atau mobil Completely Built Up (CBU) dibebaskan mengaspal keluar Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Peristiwa ini terjadi pada 18-19 Februari 2023 lalu.

Mobil-mobil yang seharusnya menggunakan pelat khusus berwarna dasar hijau ini bahkan hanya menggunakan pelat biasa atau berwarna dasar hitam. Mobil ini seharusnya khusus hanya bisa dipakai di Batam.


Bea Cukai Batam menjelaskan, 20 Supercar ini dibebaskan keluar Batam karena pihaknya telah memberikan surat rekomendasi dari Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Ditlantas Polda Kepri.

"Mereka memiliki beberapa rekomendasi seperti dari BP Batam, surat jalan dari Polisi dan surat dari Dinas Pariwisata," kata Kabid Pelayanan Bea Cukai Batam Rizky Baidillah, Sabtu (25/2/23).

Dari 20 Supercar yang ikut dalam rombongan ini, 6 Supercar di antaranya bahkan belum terdaftar dalam surat jalan yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda Kepri.

Petugas Bea Cukai yang berada di Pelabuhan Roro Punggur sempat melakukan pencegahan. Namun pihak rombongan tetap meminta kebijakan petugas yang dilapangan agar dapat diberangkatkan.



"Sempat kami cegah, tetapi mereka minta tetap bisa berangkat. Akhirnya mereka kita suruh meninggalkan jaminan agar mobil-mobil tersebut kembali," katanya.

Adapun jaminan yang ditinggalkan yakni BPKB Kendaraan dan fotokopi STNK kendaraan. Ini dilakukan petugas Bea Cukai dilapangan agar dapat memastikan bahwa mobil tersebut dapat kembali.

"Waktu itu kita minta jaminan biar mobil-mobil ini pasti kembali," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)