Sempat Dihadang Aksi Penolakan, Ceramah Ustad Abdul Somad di Bali Berlangsung Lancar

Jum'at, 08 Desember 2017 - 22:58 WIB
Sempat Dihadang Aksi Penolakan, Ceramah Ustad Abdul Somad di Bali Berlangsung Lancar
Sempat Dihadang Aksi Penolakan, Ceramah Ustad Abdul Somad di Bali Berlangsung Lancar
A A A
DENPASAR - Meskipun sempat dihadang aksi massa saat tiba di Hotel Aston Convention Center Jalan Gatot Subroto Barat, Ubung, Denpasar, Bali, kegiatan ceramah Ustad Abdul Somad berlangsung lancar pada Jumat (8/12/2017). Kegiatan ceramah Ustad Abdul Somad digelar di Masjid Annur, Jalan Diponegoro, Sanglah, dipadati ribuan jamaah.

Massa menggelar aksi penolakan terhadap Ustad Abdul Somad di Hotel Aston Convention Center sekitar pukul 14.30 Wita. Massa yang berjumlah sekitar 70 orang ini di antaranya berasal dari Patriot Garuda Nusantara (PGN) ormas di bawah naungan NU dan Komponen Rakyat Bali (KRB).

Dalam orasinya, Ketua PGN Agus Pariyadi alias Gus Yadi mengatakan, menolak kedatangan Ustad Abdul Somad karena dalam video ceramahnya yang viral telah menghina dan mengkafirkan agama lain. Gus Yadi juga menilai Ustad Abdul Somad hendak mengkhalifahkan tanah air.

Kemudian dilakukan mediasi antara massa yang menolak dan panitia yang mengundang Ustad Abdul Somad. Mediasi dipimpin Direktur Intelkam Kombes Pol Akhmad Jamal Yuluarto dengan dihadiri 20 orang.

Komponen KRB yang hadir Ngurah Artha (Ketua Sandi Murthi Bali), I Ketut Sumiata (Ketua DTW Ganaspati Bali), Gusti Ngurah Santika (Ketua DPK Ganaspti Badung), Gus Yadi (Ketua PGN), Habib Zet Hasan (Aktivis), Huda Nuryanto (Tokoh masyarakat Ubung).

Sedangkan pihak pengundang Ustad Abdul Somad dihadiri Ustad Nadlah Arif (Ketua Panitia sekaligus Takmir Masjid Baiturrahman, Wanasari, Kampung Jawa ), Haji Suseno (Ketua Yayasan Yatim Piatu Munawarah Kampung Jawa), H Abdul Azis (Ketua PWNU Bali), dan AKBP Gede Dartiasa (Kasubdit III Polda Bali).

Setelah dicapai kesepakatan dalam mediasi tersebut, akhirnya pukul 19.15 Wita massa membubarkan diri. Kemudian pukul 19.45 Wita Ustad Abdul Somad meninggalkan Hotel Aston menuju Masjid Annur di Jalan Diponegoro untuk berceramah.

Ribuan jamaah tampak memadati Masjid Annur, sehingga sampai meluber ke halaman dan jalan di sekitar masjid. Rangkaian kegiatan ceramah berlangsung lancar dan selesai pukul 20.20 Wita.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6725 seconds (0.1#10.140)