Tengku Erry: Penerimaan Mahasiswa Baru Perlu Tes Narkoba

Kamis, 02 November 2017 - 17:39 WIB
Tengku Erry: Penerimaan...
Tengku Erry: Penerimaan Mahasiswa Baru Perlu Tes Narkoba
A A A
MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi meminta pihak kampus mensyaratkan bebas tes narkoba pada seleksi calon mahasiswa perguruan tinggi.

“Narkoba sudah menjadi bahaya laten dan sudah menjadi musuh utama kita. Karena itu kita semua harus ikut memerangi narkoba agar jangan terus meluas dan harus kita tekan peredarannya,” ujar Tengku Erry Nuradi pada acara Tabligh Akbar Deklarasi Sadar Bahaya Narkoba dan Pelantikan Relawan Al Washliyah Anti Narkoba yang dilaksanakan Pengurus Wilayah (PW) Al Washliyah Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BBN) Provinsi Sumut di Kampus Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Wasliyah Jalan Garu 2 Medan Kamis (2/11/2017).

Erry mengatakan, jumlah pengguna narkoba dari hari ke hari terus meningkat. Pengguna narkoba saat ini tidak mengenal usia, pekerjaan, jenis kelamin, Suku dan Agama telah terjangkit narkoba dan dapat merubah diri seseorang. “Seperti contoh ada seorang anak yang membunuh orang tuanya karena narkoba," ujarnya.

Erry mengingatkan pengurus Al Washliyah agar pada seleksi penerimaan mahasiswa baru hendaknya dilaksanakan tes urin agar tidak ada pengguna/pecandu narkoba di lingkungan kampus.

Menurut catatan BNN, narkoba telah menjakiti seluruh lapisan masyarakat baik anak kecil, pelajar, mahasiswa, Pekerja, PNS TNI dan Polri. “Oleh karena itu kita semua harus ikut memerangi narkoba,” harap Erry.

Pada tahun 2011 sebanyak 2,2% rakyat Indonesia atau lebih kurang 3,8 juta jiwa terindikasi narkoba. “Sekarang di tahun 2017 ini menurut catatan yang ada. Jumlahnya bertambah lagi menjadi 5,1 juta jiwa,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Erry memberi kuis dadakan dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada dosen, guru, siswa dan mahasiswa serta keluarga besar Al Washliyah yang hadir. Erry meminta Kepala BBN Provinisi Sumut Brigjen Pol Andi Loedianto dan Ketua PW Al Washliyah Sumut Saiful Akhyar Lubis menunjuk siapa yang akan diberi pertanyaan oleh gubernur.

Ketua PW Al Washliyah Sumut, Saiful Akhyar Lubis melaporkan, acara serupa juga akan dilaksanakan di 3 daerah di Sumut. Setelah di Kota Medan selanjutnya, tanggal 8 November akan dilaksanakan di Kabupaten Batubara dilanjutkan tanggal 9 November di Kota Tanjung Balai dan melibatkan seluruh pengurus-pengurus daerah Al Washiyah tingkat kabupaten/kota beserta seluruh warga Al Washliyah yang ada di Sumatera Utara.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)