789 Ketua RT/RW di Bintan Terima Insentif

Rabu, 01 November 2017 - 20:09 WIB
789 Ketua RT/RW di Bintan Terima Insentif
789 Ketua RT/RW di Bintan Terima Insentif
A A A
BANDAR SERI BENTAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan membagikan dana operasional RT/RW atau yang sebelumnya dikenal dengan nama insentif untuk triwulan ketiga sebesar Rp562,2 juta.

Kepala Dinas PMD Bintan Ronny Kartika mengatakan, dana operasional Rp52,2 juta diserahkan kepada RT/RW se-Kabupaten Bintan. Setiap RT/RW akan menerima dana operasional Rp1.350.000 yang dibayarkan per triwulannya. Sedangkan dana operasional untuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dibayar sebesar Rp2.650.000 per triwulannya, serta Rp7.500.000 bagi tunjangan dan operasional Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Pembagian dana operasional RT/RW/LPM/BPD diserahkan di tiga lokasi berbeda. Untuk hari ini, Kecamatan Bintan Utara dan Sri Kuala Lobam dipusatkan di Kantor Camat Sri Kuala Lobam sedangkan untuk Kecamatan Teluk Bintan, Toapaya, Gunung Kijang dan Telok Sebong diserahkan di Aula Kantor Bupati Bintan," kata Ronny di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Rabu (1/11/2017).

Sisanya, kata Ronny, akan diserahkan di Kantor Camat Bintan Timur, Kamis (2/11/2017). Dia menambahkan, penerima dana operasional RT/RW se-Bintan berjumlah 789 orang dengan rincian RT/RW di tingkat kelurahan sebanyak 387 orang dan RT/RW tingkat desa sebanyak 402 orang. Untuk jumlah penerima operasional LPM sebanyak 51 LPM yang tersebar di seluruh desa/kelurahan dan sebanyak 36 BPD.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, dana operasional yang diberikan hendaknya menjadi motivasi bagi setiap RT dan RW untuk bekerja lebih baik lagi. RT/RW merupakan garda terdepan dalam proses pembangunan. Setiap RT/RW juga harus peka terhadap setiap permasalahan warganya, sehingga apabila masyarakat menemukan kendala atau masalah di lapangan, para RT/RW hendaknya melaporkan masalah tersebut secepatnya kepada kepala desa, lurah, atau camat sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah.

"Kita meminta agar RT/RW dapat mengaktifkan poskamling dan gotong royong," kata Apri seusai menyerahkan bantuan dua unit mobil operasional sekolah untuk Desa Pengujan, Kecamatan Teluk Bintan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9213 seconds (0.1#10.140)