Demo Mahasiswa Unsimar Lumpuhkan Aktivitas Kuliah

Selasa, 17 Oktober 2017 - 16:52 WIB
Demo Mahasiswa Unsimar Lumpuhkan Aktivitas Kuliah
Demo Mahasiswa Unsimar Lumpuhkan Aktivitas Kuliah
A A A
POSO - Ratusan mahasiswa Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar), Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah melakukan demonstrasi menuntut diturunkannya biaya per semester yang dinilai semakin mahal. Aksi yang memasuki hari ke dua Selasa (17/10/2017) itu diwarnai aksi pembakaran ban serta penyegelan ruang-ruang kelas yang menyebabkan lumpuhnya kegiatan perkuliahan.

Asap hitam pekat mengepul dari ban-ban bekas yang dibakar mahasiswa Unsimar di Kabupaten Poso. Aksi ini dilakukan ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di universitas swasta itu sejak Senin kemarin.

Dalam aksi ini para mahasiswa menuntut dilakukannya reformasi pendidikan, terutama menyangkut biasa perkuliahan. Rasmanto Khaemuddin selaku koordinator lapangan mengatakan, biaya per semester sudah mencapai Rp2 juta.

Setidaknya ada 6 poin tuntutan lainnya dari mahasiswa yaitu transparansi biaya pembangunan, kejelasan koperasi mahasiswa, penghapusan biaya praktek, kejelasan dana beasiswa, transparansi dana KKN 30% serta fasilitas pendidikan yang layak.

Rektor Unsimar Kisman Lantang mengatakan, kenaikan biaya per semester itu dikarenakan pihak universitas telah menjalin kerja sama dengan Cambridge University Australia. Dari biaya yang dibayarkan per semesternya para mahasiswa akan mendapatkan pendidikan Bahasa Inggris disertai sertifikasi TOEFL.

"Sehingga lulusan Unsimar dapat bersaing di pasar tenaga kerja yang di antaranya mensyaratkan penguasaan bahasa asing," kata Kisman.

Sejauh ini masih belum ada kesepakatan antara pihak mahasiswa dengan pihak rektorat universitas, yang membuat mahasiswa kembali menggelar aksi sambil menyegel ruang-ruang kelas serta menutup pintu masuk dan keluar dengan memarkir kendaraan sepeda motor.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6976 seconds (0.1#10.140)