Dilaporkan Hilang, Tiga Pendaki Ini Ditemukan Lemas

Senin, 16 Oktober 2017 - 15:34 WIB
Dilaporkan Hilang, Tiga Pendaki Ini Ditemukan Lemas
Dilaporkan Hilang, Tiga Pendaki Ini Ditemukan Lemas
A A A
BELOPA - Tiga orang Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Poltek Makassar yakni Kekes (45) asal Makassar, Widi (25) asal Makassar, dan Tuye (35) asal Baraka, yang dinyatakan hilang sejak tanggal 9 Oktober 2017 berhasil ditemukan, Senin (16/10/2017) pukul 10.15 Wita.

Ketiganya ditemukan di pinggir hutan pegunungan Bastem-Latimojong, Desa Lange, Kecamatan Bastem, Kabupaten Luwu oleh Pelda Tukiman, Babinsa Koramil Bastem bersama masyarakat setempat. Saat ditemukan, ketiganya dalam kondisi lemas.

Menurut keterangan Pelda Tukiman, dirinya mendapat laporan dari masyarakat adanya tiga orang asing (tidak dikenal) berada di pinggir hutan dan kampung dalam keadaan lemas.

"Mendapat informasi tersebut saya langsung laporkan dan menuju lokasi yang ditunjukan oleh warga. Setelah tiba di lokasi, ternyata mereka adalah tiga orang Mapala yang dikabarkan hilang sejak tanggal 9 Oktober lalu," ujarnya.

Anggota TNI bersama masyarakat kemudian melakukan upaya pertolongan pertama dengan memberikan makanan dan minuman. Selanjutnya, ketiga mahasiswa ini dilarikan ke rumah kepala Desa Lange untuk beristirahat dan pemeriksaan kesehatan.

Komandan Kodim (Dandim) 1403 Sawerigading Letkol Kav. Cecep Tendi Sutandi membenarkan informasi ini. "Kondisi ketiganya saat ditemukan dalam keadaan lemas, namun setelah dilakukan pertolongan mereka saat ini sudah dalam keadaan sehat. Komunikasi terakhir dengan anggota saya di TKP menyebutkan mereka berada di rumah kepala Desa Lange, Kecamatan Bastem," ujarnya.

Menurut Dandim, ketiga mahasiswa ini melapor di Tana Toraja melakukan pendakian gunung di Buntu Sikolong, Desa Uluway Timur, Kecamatan Mangkendek, Kabupaten Tana Toraja.

Dari jadwal, seharusnya mereka sudah tiba pada 11-12 Oktober, namun hingga saat itu dinyatakan hilang kontak. "Informasi dari personel di Tana Toraja, komunikasi terakhir pada 9 Oktober. Setelah itu dilakukan pencarian dengan personel TNI dan Polri, Tim SAR Enrekang, Toraja, dan Makassar," ujarnya.

Senin (16/10/2017) pukul 10.15 Wita, personel atas nama Pelda Tukiman Babinsa Koramil Bastem melaporkan telah ditemukan ketiga orang ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9574 seconds (0.1#10.140)