Kisah Sedih Rahmawati, Bocah Cirebon yang Terlahir Tanpa Anus

Rabu, 04 Oktober 2017 - 18:37 WIB
Kisah Sedih Rahmawati, Bocah Cirebon yang Terlahir Tanpa Anus
Kisah Sedih Rahmawati, Bocah Cirebon yang Terlahir Tanpa Anus
A A A
CIREBON - Rahmawati, seorang bocah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terlahir tanpa anus. Selama tujuh tahun, dia harus hidup penuh dengan rasa sakit lantaran kesulitan untuk buang air besar.

Sepintas, tak ada yang berbeda dari Rahmawati, bocah asal Desa Jagapura Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Dia mampu menjalani kehidupan seperti bocah seusianya yang gemar belajar, membaca, dan menulis. Namun, di balik senyum dan semangat hidupnya, Rahmawati menyimpan rasa sakit yang luar biasa karena terlahir tanpa anus.

Anak pasangan Warsina dan Tarina ini kerap merasakan sakit saat hendak buang air. Meski telah dibuat lubang pembuangan di sisi perut sebelah kiri, Rahmawati tak bisa merasakan mulas. Kotoran tiba-tiba keluar dan membuat pakaiannya basah. Hal tersebut kerap terjadi saat Rahmawati berada di sekolah hingga membuatnya harus pulang dalam keadaan malu dan menangis.

Rahmawati yang hidup dan besar dari keluarga yang serba kekurangan ini tak memiliki cara lain selain bersabar. Kendala biaya membuatnya harus menjalani kehidupan dengan rasa sakit dan malu. Ironisnya, meski berasal dari keluarga tak mampu, Rahmawati dan keluarganya tak memperoleh Kartu Indonesia Sehat yang selama ini dianggap 'kartu sakti' untuk kesehatan.

Pihak keluarga telah berupaya dengan berbagai cara, mulai dari mendatangi desa hingga ke Dinas Sosial dan Pemkab Cirebon, namun tak kunjung membuahkan hasil.

Saat ditemui MNC Media, Rabu (4/10/2017), Rahmawati yang ingin sembuh berharap pemerintah segera mengambil tindakan untuk membawanya ke rumah sakit dan bisa dioperasi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6833 seconds (0.1#10.140)