Tersesat di Kebun, Orangutan Betina Ini Dievakuasi Tim BKSDA

Rabu, 04 Oktober 2017 - 09:02 WIB
Tersesat di Kebun, Orangutan...
Tersesat di Kebun, Orangutan Betina Ini Dievakuasi Tim BKSDA
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Terus tergerusnya habitat orangutan di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), membuat sejumlah primata dilindungi ini terus keluar hutan dan masuk ke kebun warga untun mencari makanan.

Seperti yang terjadi pada, Senin (2/10/2107) warga Desa Tangar, Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur melaporkan ada seekor orangtuan yang berada di kebunnya mencari makan.

"Karena lokasi yang cukup jauh, baru pada Selasa, 3 Oktober 2017, pukul 09.00 WIB Tim Rescue SKW II BKSDA Pangkalan Bun Kalteng beserta OFI bergerak menuju lokasi," ujar Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun Kalteng Agung Widodo melalui Stafnya Muda Yulivan, saat dihubungi MNC Media, Rabu (4/10/2017).

Dijelaskan, pada Senin 2 Oktober 2017 sekitar pukul 15.00 WIB, petugas pos BKSDA Sampit, Kotim, Muriansyah mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada orangutan di kebun milk warga di Desa Tangar.

Saat itu primata dilindungi ini sedang mencari makan dan terlihat mengacak-acak kebun. "Karena hutan mulai terkikis kebun sawit maka orangutan masuk perkebunan masyarakat. Hutan sekarang sudah tinggal sedikit, karena berubah menjadi perkebunan," katanya.

Evakuasi orangutan ini dengan cara ditembak obat bius. Selanjutnya orangutan diamankan dan diperiksa.

"Jenis Kelamin, Betina, Umur, 5 tahun Berat, 16 Kg, Kondisi fisik, Sehat. Dan saat ini sudah tiba di Pangkalan Bun. Saat ini dibawa ke Balai Orangutan Carantina (OCCQ) milik OFI untuk dikarantina," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3255 seconds (0.1#10.140)