Gawat, Kabel Jaringan Internet di Semarang Banyak Dirusak

Rabu, 27 September 2017 - 12:26 WIB
Gawat, Kabel Jaringan Internet di Semarang Banyak Dirusak
Gawat, Kabel Jaringan Internet di Semarang Banyak Dirusak
A A A
SEMARANG - Kabel fiber optik (FO) milik sejumlah penyelenggara jasa internet di Semarang Jawa Tengah, banyak dirusak oleh tangan-tangan tak bertamggung jawab. Akibatnya, ribuan pelanggan tak bisa mengakses layanan internet secara lancar.

Untuk itu, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Telekomunikasi (APJATEL) melaporkan kejadian sabotase itu ke Polrestabes Semarang. Sabotase dilakukan dengan cara memotong dan menyayat kabel di berbagai area.

"Baru-baru ini, tepatnya pada 25-26 September 2017 terjadi perusakan kabel fiber optik milik penyelenggara jaringan. Hal serupa kerap terjadi pada tahun 2016," kata Ketua APJATEL Jawa Tengah, Priyo Suyono Paulus Layre, di Mapolrestabes Semarang, Rabu (27/9/2017).

Dia menduga, sabotase oleh oknum tidak bertanggung jawab ini cenderung dilakukan pada malam hari. Pihaknya yakin tindakan tersebut merupakan sabotase untuk memutus koneksi internet, karena tak ada pencurian kabel sama sekali.

"Sampai sekarang kami belum ketahui modus pelaku karena tidak ditemukan adanya pencurian kabel sama sekali, hanya perusakan kabel FO yang menyebabkan koneksi internet mati," terangnya.

Dikhawatirkan sabotase ini bertujuan melemahkan Kota Semarang, karena terputusnya kabel FO, menyebabkan matinya koneksi internet di sebagian wilayah Kota Semarang.

Hal ini bisa berimbas pada berhenti beroperasinya pelayanan baik sektor perbankan, perindustrian, hotel, rumah sakit, instansi pemerintahan, institusi pendidikan, dan sektor lainnya yang ikut lumpuh total.

"Kerusakan ini berdampak serius pada stabilitas perekonomian dan pelayanan masyarakat di Kota Semarang. Untuk itu, kami berharap ada tindakan langsung oleh pihak berwenang agar tidak ada lagi sabotase kabel FO di kemudian hari, serta memberi efek jera pada pelaku sesuai dengan hukum yang berlaku," tandasnya.

Badan Pengurus Harian APJII Jateng, Atalia Citra, menambahkan, perusakan kabel FO tersebar di beberapa titik merata di Kota Semarang.

Lokasi yang paling sering menjadi sasaran pelaku berada di kawasan Tanah Putih hingga Jatingaleh dan flyover Soekarno-Hatta.

"Lokasinya random, dari Juli ke September sudah lebih dari 30 titik. Tentu yang menjadi korban awalnya adalah penyelenggara jaringan, tapi juga ke ribuan pelanggan. Kan satu kabel nyambungnya ke satu area dan coverage-nya ke banyak perusahaan, rumah tangga, perbankan, instansi pemerintah, pendidikan, dan sebagainya," ujar perempuan berparas cantik itu.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6847 seconds (0.1#10.140)