Tiga Pelaku Pembunuh Sopir Online Dibekuk

Senin, 28 Agustus 2017 - 00:12 WIB
Tiga Pelaku Pembunuh Sopir Online Dibekuk
Tiga Pelaku Pembunuh Sopir Online Dibekuk
A A A
PALEMBANG - Tim Rimau Subdit III/Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil menangkap tiga dari empat tersangka pembunuh Edwar Limba (35), driver taksi online yang ditemukan tewas di Jalan Peternakan, Sembawa, Banyuasin, Sumsel, Senin (21/8/2017) pukul 22.30 WIB.

Informasi dihimpun Sindonews.com, ketiga pelaku yaitu Aldo, Ari, serta Ucok. Satu tersangka lain yakni inisial I masih dalam pengejaran polisi. Bahkan, Aldo dilumpuhkan petugas dengan timah panas sebanyak lima lubang dan Ari tiga lubang di kedua kakinya.

Sementara itu, tersangka Ucok terlihat tidak ditembak saat dilihat dari sela-sela pintu kaca ruang penyidik Unit IV Subdit III Ditreskrimum Polda Sumsel, Minggu (27/8) malam.

Anggota polisi pertama kali menangkap tersangka Aldo, warga Gandus, Palembang, Minggu (27/8) pukul 15.00 WIB, yang berhasil dipancing keluar dari tempat persembunyiannya. Dari penangkapan Aldo dilakukan pengembangan dan ditangkap Ari, warga Tangga Buntung, Palembang, dan Ucok warga Kabupaten Banyuasin.

Diketahui yang menjadi otak perampokan tersebut yakni tersangka Aldo. Ketiga tersangka mengaku telah merencanakan aksi perampokan sejak tiga bulan lalu. Tiga hari sebelum kejadian, Ari menghubungi tersangka Aldo dan I (DPO) untuk rapat terakhir sebelum melancarkan aksi perampokan menyasar sopir taksi online.

"Malam itu dimatangkan rencana, bawa senjata apa saja, samurai, golok. Saya bilang ke mereka (komplotan) kalau melawan dijerat saja," ujar Ari menirukan Aldo saat diinterogerasi penyidik.

Lalu, malam hari saat kejadian, salah satu dari tiga tersangka tersebut memesan jasa sopir taksi online menggunakan nama samaran Rohman di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Hotel Daira minta diantar ke kawasan Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-alang Lebar, Palembang.

Saat tiba di kawasan tersebut, pelaku langsung melancarkan aksinya menyerang korban saat tengah mengemudikan mobil. Korban dijerat menggunakan kawat besi dan pinggang kirinya ditusuk menggunakan pisau.

Pelaku pun mengambil alih mobil korban dan membuang jasad korban di tempat penemuan mayat. Ketiga tersangka kemudian membawa mobil korban ke rumah tersangka Ucok untuk membersihkan mobil dari bercak darah dan lumpur.

Lalu, ketiganya pergi ke Jalan Kolonel Dani Effendi, RT 14/5, Kelurahan Talang Betutu, Kecamatan Sukarami, Palembang, dengan maksud untuk disembunyikan sebelum nantinya akan diambil kembali. Tiga tersangka pulang ke rumah masing-masing, setelah membagi hasil rampokan yakni tiga ponsel dan dompet milik korban.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pejabat Polda Sumsel yang bisa dikonfirmasi. Kapolda Irjen Drs Pol Agung Budi Maryoto, mengatakan tengah studi pengamanan Asian Games 2018, di Kuala Lumpur, Malaysia. "Koordinasi dengan Direktur Reskrimum," ujarnya singkat melalui pesan singkat.

Sementara itu, Direskrimum Polda Sumsel, Kombes Pol Prasetijo Utomo yang ikut datang ke ruang penyidik, enggan berkomentar terkait penangkapan ini. Bahkan, saat keluar dari ruang periksa Ruang Unit IV Subdit III Ditreskrimum Polda Sumsel, Prasetijo tidak mengucapkan sepatah kata pun saat dihampiri awak media dan langsung masuk mobil meninggalkan Mapolda Sumsel.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9489 seconds (0.1#10.140)