96 Desa di Kabupaten Bandung Endemik Kekeringan

Rabu, 23 Agustus 2017 - 19:52 WIB
96 Desa di Kabupaten Bandung Endemik Kekeringan
96 Desa di Kabupaten Bandung Endemik Kekeringan
A A A
BANDUNG - Sebanyak 96 desa yang berada di 19 kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dinyatakan endemik kekeringan. Untuk itu, Pemkab Bandung menyiapkan langkah antisipasi dan tim khusus untuk menyuplai air bersih kepada masyarakat yang terkena dampak.

"Ada 96 desa di 19 kecamatan yang endemik kekeringan sehingga kami siapkan tim khusus untuk menyuplai air bersih,” kata Bupati Bandung Dadang M Naser di Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (23/8/2017).

Dadang meminta kepada masyarakat untuk melakukan strategi agar bisa menyimpan air sebelum musim kemarau dan bisa dipakai saat kekurangan air. Seperti dengan membuat sumur resapan, biopori dan tangkapan air.

"Strategi itu sudah kami sampaikan namun sayangnya, hanya sedikit masyarakat yang melakukan hal tersebut sehingga membuat langkah ini menjadi tidak efektif," tuturnya.

Terpisah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyebutkan ada dua desa yaitu di Pasirjambu dan Kutawaringin mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang terjadi saat ini. Meski kekeringan di dua desa tersebut belum mengkhawatirkan dan masih bisa ditanggulangi oleh kepala desa, namun pihaknya segera akan memberikan bantuan air bersih.

“Warga di dua desa itu melaporkan kekeringan. Meskipun air tidak habis sama sekali tapi sumur warga airnya sudah berkurang," ucap Kepala BPBD Kabupaten Bandung, Tata Iriawan Sobandi.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3053 seconds (0.1#10.140)