Granat Nanas Ditemukan di Atap Rumah

Selasa, 22 Agustus 2017 - 15:13 WIB
Granat Nanas Ditemukan di Atap Rumah
Granat Nanas Ditemukan di Atap Rumah
A A A
BANDUNG BARAT - Sebuah granat nanas ditemukan di rumah Rukman (57) di Kampung Jati Radio, RT 04/12, Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Granat buatan tahun 1955 itu ditemukan seorang tukang bernama Awo memperbaiki talang air dan listrik yang mati di rumah Rukmana pada Senin (21/8/2017) pagi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, lokasi penemuan granat nanas buatan 1955 itu merupakan rumah almarhum Purnawirawan Sersan Mayor Raden Ganda Madrozi yang kini dimiliki Rukman. Setelah menemukan granat itu Awo melaporkan ke pemilik rumah, kemudian Rukmana memerintahkan agar granat itu diturunkan untuk diserahkan ke aparat berwajib.

"Saat itu saksi mata tidak berani karena takut meledak, sehingga granat itu dibiarkan sampai sore di lokasi awal ditemukan," terang Yusri.

Kemudian, lanjut Yusri, sekitar pukul 17.45 WIB, Rukmana memerintahkan menantu almarhum purnawirawan Sersan Mayor Raden Ganda Madrozi, Asep Nugraha (41), mengambil granat nanas tersebut di atas atap rumah tersebut. "Setelah diambil granat itu lalu diamankan dan dibawa ke Koramil 0915/Cililin," ucap Yusri.

Berdasarkan penuturan istri Alm Raden Ganda Madrozi, Idah, (65), sewaktu suaminya masih hidup dirinya tidak pernah mengetahui jika suaminya menyimpan granat nanas tersebut. Diketahui pada 1964 suaminya pernah berdinas di Yonif 327 Brajawijaya dan pada 1966 pindah satuan ke Makodam III/Siliwangi sebagai Ajudan Pangdam III/Siliwangi. "Dia tidak tahu kalau ada granat yang masih disimpan oleh suaminya," kata Yusri.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6109 seconds (0.1#10.140)