Ratusan Warga Desa Wonorejo Tuntut Dana Kompensasi Galian C

Kamis, 10 Agustus 2017 - 15:19 WIB
Ratusan Warga Desa Wonorejo...
Ratusan Warga Desa Wonorejo Tuntut Dana Kompensasi Galian C
A A A
PEKALONGAN - Ratusan warga Desa Wonorejo, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, berunjuk rasa menuntut agar warga yang terkena dampak galian C di daerah itu mendapat dana kompensansi, Kamis (10/8/2017).

Koordinator aksi Eko Listyo, mengatakan, warga ingin perangkat desa melaporkan secara transparan mengenai pengelolaan dana galian C di desa mereka. Selanjutnya bagi warga Dukuh Wonogiri yang terkena dampak langsung aktivitas tambang itu meminta kompensansi. “Kami minta hak sebesar 50% dari dana tersebut dikembalikan dan dikelola secara mandiri oleh warga,” kata Eko.

Setelah aksi unjuk rasa di depan Balai Desa Wonorejo, dilanjutkan dengan mediasi antara perwakilan warga dan perangkat desa. Hasil mediasi, Pemerintah Desa Wonorejo menyetujui dana kompensasi 50% untuk dikelola warga Dukuh Wonokeri, Desa Wonorejo karena Dukuh Wonokeri yang paling terdampak.

Mediasi itu juga dihadiri Plt Kepala Desa Wonorejo Kecamatan Wonopringgo Winarudin, Kapolsek Wonopringgo AKP Aries Tri, Kasat Intelkam Polres Pekalongan AKP GD Ngurah Simatupang, Danramil Wonopringgo Kapten Inf Suhardi, perwakilan dari Dinas Penanaman Modal Soni H, dan Kasubag Dalops Polres Pekalongan AKP Trisno.

Sementara Kepolisian Resor Pekalongan menerjunkan puluhan personel gabungan baik dari polres maupun polsek jajaran guna melakukan pengamanan aksi warga Dukuh Wonorejo, Desa Sampih, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan itu.

“Kami mengamankan aksi kegiatan tersebut agar tidak terjadi hal-hal hal yang tidak diinginkan. Aksi massa ini diikuti kurang lebih 200 warga Dukuh Wonorejo,” kata Kapolsek Wonopringgo Polres AKP Aries Tri.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)