Usut Air Merah PDAM, Polda Jabar Libatkan Dinas Lingkungan Hidup

Kamis, 27 Juli 2017 - 17:13 WIB
Usut Air Merah PDAM, Polda Jabar Libatkan Dinas Lingkungan Hidup
Usut Air Merah PDAM, Polda Jabar Libatkan Dinas Lingkungan Hidup
A A A
BANDUNG - Ditreskrimum Polda Jabar dan Polrestabes Bandung terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus air PDAM Tirtawening yang berwarna merah. Kasus ini ditemukan di kawasan Jalan Panjunan, Gang Hidayah, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung, Jumat 14 Juli 2017 lalu.

Direktur Reskrimum Polda Jabar Kombes Pol Umar Surya Fana mengatakan, penyelidikan kasus air PDAM berwarna merah itu dilakukan bersama dengan Polrestabes Bandung. Inafis Polda Jabar bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bandung untuk memeriksa kandungan di dalam air tersebut.

“Dinas LH lah yang menentukan apakah air berwarna merah itu mengandung zat beracun atau tidak. Baru pidananya muncul. Jadi leading sector-nya dari LH. Karena itu kan kaitannya dengan kerugian dan keselamatan konsumen. Sampai sekarang kami belum tahu ada pidananya atau tidak,” kata Umar di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (27/7/2017).

Disinggung soal dugaan sabotase, Umar Fana mengemukakan, untuk ke arah itu masih jauh. Sekarang kepolisian masih menyelidiki kandungan di dalam air berwarna merah itu. “Harus ditentukan kandungan di air PDAM yang berwarna merah beracun atau tidak dan sebagainya. Baru dipilah penyebabnya apa, apakah sabotase, iseng, atau apa. Jangankan sabotase, di situ ada kandungan beracun saja sudah masuk ke ranah pidana. Kalau sabotase kan berarti ada niat,” ungkap dia.

Menurut Umar, penyelidikan akan dilihat dari hulu ke hilir. Jika air berwarna merah itu berasal dari pusat pengolahan air, seharusnya dirasakan oleh seluruh pelanggan PDAM. Tetapi dalam kasus ini, air berwarna merah hanya terjadi di wilayah Gang Hidayah. “Makanya saat ini sedang kami cek sumber atau titiknya itu di mana, ada kandungan beracunnya atau tidak, dan niatnya apa,” tandas Umar.

Diberitakan sebelumnya, sembilan pelanggan PDAM Tirtawening di kawasan Gang Hidaya, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanya pada Jumat 14 Juli 2017, mendapati air PDAM di rumah mereka berwarna merah seperti sirup. Warga sempat merekam air merah itu dalam video dan mengunggahnya ke media sosial sehingga sempat heboh.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7304 seconds (0.1#10.140)