Makan Nasi Kotak, Ratusan Anak TK Keracunan

Jum'at, 09 Juni 2017 - 00:36 WIB
Makan Nasi Kotak, Ratusan Anak TK Keracunan
Makan Nasi Kotak, Ratusan Anak TK Keracunan
A A A
JAKARTA - Ratusan anak-anak TK Negeri di Desa Pemeton, Kecamatan Seririt, Buleleng mengalami keracunan massal, Kamis 8 Juni 2017.

Tidak hanya anak-anak TK, sejumlah orang tua mereka juga ikut keracunan massal akibat mengkonsumsi nasi kotak yang didapatkan saat acara perpisahan sekolah.

Berdasarkan data yang dihimpun keracunan massal ini bermula dari acara perpisahan anak-anak TK Negeri Pembina di Desa Petemon.

Nasi kotak itu dibagikan sekitar pukul 10.00 wita. Dimana isi nasi kotak yang berisi lauk ayam goreng, telor rebus, sambal dan mie instan. Namun setelah beberapa jam anak-anak dan orang tuanya mengalami mual-mual serta pusing.

Mereka pun dilarikan ke RS Pratama Tanguwisia, Seririt, untuk mendapatkan perawatan medis.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, rata-rata yang mengalami keracunan adalah anak-anak, namun ada juga orangtua. Untuk mengantisipasi kejadian ini, pihaknya sudah rutin memberitahu kepada seluruh kepala sekolah, agar memperhatikan tingkat kesehatan makanan yang akan dikonsumsi.

"Setelah terjadi keracunan di TK Joanyar waktu itu, kami sudah beritahu lewat surat edaran kepada semua kepala sekolah. Ke depan, kegiatan seperti ini akan dievaluasi," jelasnya.

Pihaknya mengaku hingga saat ini belum tahu penyebab secara pastinya, karena harus melihat dulu kasusnya secara detail.

Sementara itu pihak Polsek Seririt masih mendalami penyebeb keracunan massal ini. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Dari informasi yang diperoleh hingga saat ini ternyata jumlah korban yang mengalami keracunan mencapai 116 orang, baik itu dari anak-anak TK maupun para orangtua.

Sedangkan, 2 orang dirujuk ke IGD RSUD Buleleng dan 1 orang ke RS Kerta Usada Singaraja, untuk menjalani perawatan lebih lanjut.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6669 seconds (0.1#10.140)