TNI dan Polisi Turut Padamkan Kebakaran Lahan Seluas 30 Hektare

Jum'at, 05 Mei 2017 - 21:46 WIB
TNI dan Polisi Turut...
TNI dan Polisi Turut Padamkan Kebakaran Lahan Seluas 30 Hektare
A A A
RANTAUPRAPAT - Personel Babinsa Koramil 03/SB, Kodim 0209/LB, bersama Tim Manggala Agni serta personel Polsek Panai Hilir melakukan upaya pemadaman api yang membakar lahan seluas 30 hektare di Dusun Il, Desa Sei Lumut, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin mengatakan, peristiwa kebakaran lahan tersebut terjadi pada Selasa 3 Mei 2017. Peristiwa itu diketahui saat personel Babinsa 03/SB, Sertu Suritno, mendapat laporan dari Tim Manggala Agni Labuhanbatu yang menyebutkan bahwa Ground Chek Hot Spot telah mendeteksi adanya titik api pada koordinat L 25766 E 10020271, atau bertempat di Dusun Il, Desa Sei Lumut, Kecamatan Panai Hilir.

Atas laporan itu, personel Babinsa bersama Tim Manggala Agni dan personel Polsek langsung melakukan pengecekan ke lokasi titik api yang terdeteksi. "Dan ternyata benar, di Dusun II Desa Sei Lumut itu didapati lahan kosong seluas lebih kurang 30 hektar telah terbakar," katanya, Jumat (5/5/2017).

Dia mengatakan, setelah menyaksikan kobaran api yang membakar lahan tersebut, personel Babinsa bersama tim dibantu masyarakat sekitar, langsung melakukan upaya pemadaman. Satu unit mobil pemadam kebakaran milik pemkab juga telah diturunkan untuk memadamkan api.

"Laporan terakhir sekitar 15 hektare lahan yang terbakar sudah berhasil dipadamkan. Upaya pemadamaman terus berlangsung hingga saat ini," terangnya.

Menurut Dandim, peristiwa kebakaran lahan tersebut diduga dilakukan secara sengaja oleh sejumlah orang yang akan menjadikan lahan kosong itu sebagai lahan pertanian. "Kasus ini masih dalam penyelidikan Polsek Panai Hilir," pungkasnya.

Sementara Kapolsek Panai Hilir AKP Amir Husin Siregar mengatakan, proses pemadaman api masih dilakukan dilahan kosong yang terbakar. "Tapi hanya tinggal sekitar satu rante lagi lahan yang terbakar. Jadi kalau tidak ada hambatan, mungkin malam nanti 100% api sudah berhasil dipadamkan," jelasnya.

Kapolsek menambahkan, pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran. "Sampai saat ini belum diketahui siapa pemilik lahan terbakar itu.Tapi akan tetap kami selidiki karena pembakaran lahan merupakan tindak pidana," tandasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8031 seconds (0.1#10.140)