Diguyur Hujan Semalamam, Jalinsum Bukittinggi-Pasaman Ambles

Jum'at, 05 Mei 2017 - 16:01 WIB
Diguyur Hujan Semalamam, Jalinsum Bukittinggi-Pasaman Ambles
Diguyur Hujan Semalamam, Jalinsum Bukittinggi-Pasaman Ambles
A A A
PADANG - Setelah diguyur hujan semalaman dengan intensitas tinggi, ruas jalan Lintas Sumatera Bukittinggi-Pasaman ambles karena tanahnya tergerus longsor. Akibatnya, arus lalu lintas tersendat karena kendaraan yang melintas harus bergantian.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Agam, Bambang Warsito menjelaskan, sebagian badan jalan ambles tergerus longsor ke dalam jurang. Ruas jalan yang ambles terjadi di Jorong Batang Palupuah, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah.

"Longsor mengakibatkan ruas jalan rusak. Separuh badan jalan ambles ke jurang sedalam 20 meter dan panjang 20 meter. Material longsoran menimpa kebun dan sawah warga," katanya, Jumat (5/5/2017).

Meski ruas jalan tersebut masih bisa dilewati kendaraan, namun diberlakukan sistem buka tutup. BPBD Kabupaten Agam melakukan evakuasi dan koordinasi dengan Dinas PU Provinsi untuk melakukan pembersihan material longsor.

"Kami mengimbau warga Agam, terutama warga yang bermukim dan kendaraan yang akan melintasi wilayah rawan bencana, untuk selalu wapada mengingat masih tingginya curah hujan. Apalagi, wilayah Agam rawan terjadi longsor," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6354 seconds (0.1#10.140)