Habiskan Dana Rp5,9 Miliar, Jalan Ke TPA Ambrol

Selasa, 25 April 2017 - 17:34 WIB
Habiskan Dana Rp5,9 Miliar, Jalan Ke TPA  Ambrol
Habiskan Dana Rp5,9 Miliar, Jalan Ke TPA Ambrol
A A A
MUARADUA - Akses jalan menuju lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Pelawi, Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan, sepanjang 300 meter yang baru selesai dibangun pada 2014 ambrol tergerus longsor. Pengamatan di lapangan, jalan yang dibeton dengan anggaran senilai Rp5,9 miliar hampir sebagian besar retak.

Kerusakan paling parah ada di sisi kiri jalan menuju lokasi pembuangan sampah. Terdapat dua titik badan jalan yang ambrol, masing-masing sepanjang 15-25 meter dan 5-7 meter. Kerusakan ini hanya menyisakan kurang dari setengah badan jalan.

Akibatnya, akses menuju tempat pembuangan akhir sampah yang rencananya akan difungsikan dalam waktu dekat ini terkendala. Kendaraan roda empat dan dua dipastikan tidak bisa melintas akibat badan jalan rusak akibat tergerus longsor.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) OKU Selatan, Paisal mengaku, sudah menerima laporan masyarakat terkait kerusakan akses jalan menuju tempat pembuangan akhir. Kerusakan tersebut lebih disebabkan kondisi alam.

"Tahun ini akan kita lakukan pemeliharaan di akses jalan ‎menuju TPA Pelawi tersebut. Dalam waktu dekat ini kami akan mengintruksikan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga untuk mengkaji kerusakan jalan tersebut, sebelumnya sempat rusak tetapi sudah diperbaiki karena kondisi alam dan tanah," katanya.

Dia menyatakan, kualitas beton pembangunan akses badan jalan yang selesai dibangun pada 2014 kondisinya baik dan sudah sesuai dengan ketentuan. Ambrolnya badan jalan tersebut lebih disebabkan faktor alam.

"Kerusakan badan jalan ini karena struktur tanah di lokasi memang agak labil sehingga air hujan mudah menggerus badan jalan. Kondisi tersebut membuat jalan ada di lokasi rentan longsor," tambahnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9828 seconds (0.1#10.140)