Retakan Tanah di Bojonegoro, Belasan Warga Diungsikan

Senin, 17 April 2017 - 10:35 WIB
Retakan Tanah di Bojonegoro, Belasan Warga Diungsikan
Retakan Tanah di Bojonegoro, Belasan Warga Diungsikan
A A A
BOJONEGORO - Peristiwa retakan tanah di wilayah perbukitan Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, hingga kini terus berlangsung. Khawatir terjadi longsor, belasan warga terpaksa diungsikan.

Retakan tanah di perbukitan yang memiliki kemiringan sekitar 40 derajat ini sudah berlangsung sejak dua bulan terakhir. Bahkan, 11 warga terpaksa harus diungsikan lantaran kondisi rumahnya mulai rusak tergerus retakan tanah.

Sedikitnya sudah ada lima rumah warga terpaksa harus dibongkar karena kondisinya mulai mengkhawatirkan. Misal, rumah milik Sudari. Untuk sementara ia bersama keluarganya harus mengungsi di rumah saudaranya.

Senin (17/4/2017), Kepala BPBD Bojonegoro Andik Sujarwo mengatakan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, retakan ini disebabkan minimnya pohon penyangga tanah. Selain itu sifat tanah yang gembur juga bisa memicu terjadinya longsor jika diguyur hujan terus menerus.

Pihaknya mengaku terus melakukan pemantauan serta menutup sejumlah titik retakan dengan tanah lempung, agar air tidak masuk ke dalam retakan tanah jika terjadi hujan di wilayah ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9294 seconds (0.1#10.140)