Ganjar Pranowo Buka-bukaan Soal PT Semen Indonesia

Minggu, 02 April 2017 - 06:30 WIB
Ganjar Pranowo Buka-bukaan Soal PT Semen Indonesia
Ganjar Pranowo Buka-bukaan Soal PT Semen Indonesia
A A A
PERJUANGAN warga Kendeng menyisakan duka bagi keluarga Patmi, warga desa Larangan, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati. Petani perempuan itu meninggal dunia selepas aksi cor kaki menolak pembangunan dan operasional pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang, Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pun melayangkan ucapan belasungkawa atas peristiwa tersebut. Banyak yang menilai aksi demo yang berujung maut itu lantaran Ganjar tak tegas di mana ia menerbitkan surat izin baru untuk PT Semen Indonesia.

Ganjar pun mencoba meluruskan semua persoalan. Dalam sebuah wawancara dengan iNewst TV, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu pun buka-bukaan soal PT Semen Indonesia.

Hal terpenting dibeberkan Ganjar soal izin. Menurutnya, semua telah dilalui lewat diskusi panjang. "Sebab, sebelum putusan itu kami terima, ada adendum. Maka, setelah adendum terproses, putusan turun. Pada saat permintaan perubahan akta dan lain sebagainya karena nama ganti, luasan ganti, itu putusan belum turun. Alhasil, saat itu, secara otomatis SK (surat keputusan) lama tercabut. Setelah putusan turun, kami baca. Putusan itu bicara soal tata cara penambangan yang menurut hakim tidak ada, padahal ada. KLHS (Kajian Lembaga Hidup Strategis) yang sekarang dibicarakan, dulu pada 2012 sebelum ramai itu sudah ada. Lalu, muncul KLHS baru dan jadi geger," jelasnya.

Itu hanya sekelumit jawaban dari Ganjar. Ingin tahu lebih lengkapnya, baca di Majalah SINDO Weekly Edisi No. 5/VII/2017 yang terbit Senin (3/4/2017)
Ganjar Pranowo Buka-bukaan Soal PT Semen Indonesia
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6434 seconds (0.1#10.140)