Hujan Deras, 24 Truk Penambang Pasir Terjebak Longsor di Sungai

Minggu, 26 Februari 2017 - 14:56 WIB
Hujan Deras, 24 Truk Penambang Pasir Terjebak Longsor di Sungai
Hujan Deras, 24 Truk Penambang Pasir Terjebak Longsor di Sungai
A A A
KLATEN - Tebing Kali Woro di lereng gunung Merapi kembali longsor setelah diguyur hujan deras pada Sabtu 25 Januari 2017 sore. Akibatnya, 24 unit truk angkutan tambang pasir terjebak dan tidak bisa keluar dari Kali Woro.

”Ada 24 truk bermuatan pasir terjebak dan tidak bisa keluar. Posisi truk di Kali Woro sisi timur, tidak bisa keluar karena akses jalan dari sungai tertutup material longsoran,” ujar Camat Kemalang Pri Harsanto, Minggu (26/2/2017).

Tebing Kali Woro yang longsor berada di Dukuh Karangbutan, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, atau sekitar 700 meter dari cekdam I Kali Woro. Beruntung seluruh sopir truk selamat dan dalam keadaan aman.

Warga dan relawan melakukan penanganan darurat dengan memindahkan material longsoran. Sayangnya upaya tersebut gagal karena material longsoran sangat banyak dan membutuhkan bantuan alat berat.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten Bambang Giyanto meminta, masyarakat meningkatkan kewaspadaan karena potensi hujan berlangsung hingga April.

”Longsoran itu bukan jalan untuk umum, tapi badan sungai yang menjadi jalan truk penambang. Mereka sudah berkali-kali kami ingatkan agar tidak menambang ketika cuaca ekstrem karena bila hujan di hulu bisa berakibat banjir atau longsor,” tambahnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6846 seconds (0.1#10.140)