Paus Terdampar Gegerkan Pengunjung Pantai Matahari Terbit

Selasa, 24 Januari 2017 - 05:17 WIB
Paus Terdampar Gegerkan...
Paus Terdampar Gegerkan Pengunjung Pantai Matahari Terbit
A A A
DENPASAR - Mamalia paus terdampar di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar gegerken pengunjung pantai tersebut sekitar pukul 09.30 Wita pada Senin 23 Januari 2017.

Tim Balawista Sanur Wayan Dayung mengatakan, bahwa awalnya warga menemukan paus itu berenang di pinggiran pantai. Kemudian Tim Balawista mencoba mendekati dan menggiring paus tersebut.

Namun, setelah sekitar dua jam mencoba menggiringnya kemudian paus tersebut kembali ke pinggir pantai. Dari pengamatan di lapangan diketahui bahwa mamalia tersebut dari jenis Kogia (Dwarf sperm whale atau pass sperma kerdil) dengan ukuran panjang total 2,2 meter dan bobot sekitar 200 kg.

Lalu, pada pukul 10.45 Wita, paus tersebut dipindahkan ke Karamba Diamond Pantai Mertasari yang berjarak sekitar lima kilometer dengan menggunakan mobil pick up untuk diobservasi dan dirawat.

Dalam perjalanan menuju lokasi penitipan paus tersebut mengeluarkan cairan coklat kemerahan dari anus dan alat kelamin. “Setelah berada sekitar 15 menit di Karamba Diamond Bay, respons paus tersebut sangat lemah dan akhirnya mati,” katanya.

Setelah memastikan kematian paus tersebut, tim memutuskan untuk membawa kembali kedaratan untuk dilakukan necropsy (bedah bangkai) yang dilakukan di Laboratorium Kedokteran Hewan Udayana.

“Kenapa demikian mereka ingin mengetahui salah satu upaya memastikan penyebab kematian dari paus atau mamalia laut tersebut,” pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7325 seconds (0.1#10.140)